Pemerintah Incar Ekspor Bumbu Masak Indonesia Senilai USD2 Miliar

| Kamis, 18/08/2022 09:07 WIB
Pemerintah Incar Ekspor Bumbu Masak Indonesia Senilai USD2 Miliar Aneka Bumbu, Buah dan Sayuran (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia melalui menargetkan ekspor bumbu masak Indonesia bisa menembus USD2 Miliar ke pasar mancanegara.

Target ini dinilai realistis mengingat tingginya perhatian dunia terhadap cita rasa kuliner Indonesia. Ini salah satunya dibuktikan dengan banyaknya liputan media asing tentang keunggulan keragaman  dan kelezatan olahan pangan Indonesia.

“Saat ini terdapat 1.177 gerai restoran Indonesia di luar negeri, namun jumlah ini belum efektif mengangkat kembali popularitas rempah dan bumbu masak Indonesia. Melalui ISUTW ini, kami harap nilai ekspor rempah dan bumbu masak Indonesia bisa mencapai USD2 miliar dan akan ada sebanyak 4.000 restoran Indonesia di seluruh dunia pada tahun 2024,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangannya, Kamis 18 Agustus 2022.

Agus mengatakan pemerintah tengah berkolaborasi melalui Indonesia Spice Up The World (ISUTW) untuk mengangkat ketenaran bumbu masak Indonesia di mata dunia.

Melalui ISUTW, Indonesia akan mengangkat lima makanan khas nasional, yaitu rendang, nasi goreng, sate, soto, dan gado-gado. Sebab, kelima jenis makanan tersebut diakui sebagai the World’s 50 Best Foods oleh CNN Travel pada 2017-2021. Selain itu, kuliner nusantara lain seperti hidangan laut juga turut dipromosikan.

Nantinya, ribuan restoran Indonesia di luar negeri akan menjadi etalase produk rempah

dan bumbu masak bermerek lokal Indonesia. Sementara di Indonesia, etalase mini didirikan di destinasi pariwisata super prioritas. Produk rempah dan bumbu masak Indonesia juga ditawarkan melalui etalase digital (marketplace), yang terhubung dengan landing page ISUTW sebagai akselerasi perdagangan produk rempah dan bumbu masakan Indonesia.

“ISUTW juga dapat menjadi strategi peningkatan daya saing industri pengolahan rempah dan bumbu masak Indonesia melalui fasilitas kemudahan akses bahan baku, peningkatan teknologi, kompetensi sumber daya manusia (SDM) dan mutu produk,” papar Agus.

Tags : Bumbu Masak , Ekspor Bumbu

Berita Terkait