RI Bidik Pasar Jepang untuk Ekspor Produk Cangkang Sawit

| Senin, 03/10/2022 11:01 WIB
RI Bidik Pasar Jepang untuk Ekspor Produk Cangkang Sawit Cangkang Sawit (Doc: Nasionalisme)

RADARBANGSA.COM - Indonesia membidik pasar Jepang untuk ekspor produk olahan kelapa sawit yaitu cangkang sawit.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko SA Cahyanto menilai produk turunan cangkang sawit Indonesia sangat diminati oleh pasar Jepang sebagai salah satu sumber energi primer yang ramah lingkungan.  

“Kami juga mendukung masuknya investasi di sektor industri hilir pengolahan cangkang sawit menjadi bahan bakar terbarukan dengan nilai kalori tinggi setelah komoditas tersebut diolah menjadi produk industri pellet biomassa dengan kerapatan energi yang lebih tinggi,” kata Dirjen Eko dalam keterangan tertulisnya, Senin 3 Oktober 2022.

 Cangkang sawit merupakan biomassa potensial yang bisa diolah menjadi produk hilir. Di Indonesia, potensi produksi cangkang sawit mencapai 11 juta ton per tahun, tetapi masih diekspor sekitar 3,5 juta ton per tahun dalam bentuk komoditas setengah jadi.

Untuk mendorong peluang ekspor ke negeri Sakura, pemerintah memfasilitasi melalui forum bisnis di Tokyo. Kegiatan ini mempertemukan para pelaku usaha cangkang sawit yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (APCASI) dengan Japan Biomass Power Association (BPA). 

Forum bisnis ini bertujuan mempromosikan aspek sustainability produk cangkang sawit asal Indonesia, dan merupakan peluang masuknya investasi industri pengolahan lanjut Biomassa di Indonesia.

Pasar ekspor produk industri biomassa cangkang sawit asal Indonesia diharapkan dapat berkembang untuk mendukung program hilirisasi industri kelapa sawit nasional.

Tags : Cangkang Sawit , Jepang , Olahan Sawit

Berita Terkait