Kebutuhan Gas Domestik Meningkat di Tahun 2022

| Rabu, 07/12/2022 07:30 WIB
Kebutuhan Gas Domestik Meningkat di Tahun 2022 Operasional Jaringan Gas Bumi (Doc: Bantennews)

RADARBANGSA.COM - Kebutuhan gas domestik dilaporkan meningkat sepanjang tahun ini.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat pemanfaatan gas domestik per Agustus telah mencapai 3.693 BBTUD, padahal di tahun 2003 pemanfaatan gas untuk domestik hanya mencapai 1.480 BBTUD. 

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji merinci kebutuhan gas sepanjang tahun ini didominasi oleh sektor industri sebesar 29,73%, pupuk mencapai 13,03% dan kelistrikan 11,45%.

Untuk mengatasai hal itu, pemerintah tengah membangun pipa ruas Semarang-Batang, sebagai bagian dari pipa transmisi Cirebon-Semarang (Cisem). 

Sementara untuk Indonesia bagian Timur, direncanakan akan dibangun mini regas LNG. Studi mengenai hal ini telah rampung dan kini dalam proses penyelesaian persiapan. 

Dalam kesempatan tersebut, Tutuka juga menyampaikan bahwa Pemerintah melakukan kebijakan pengaturan gas dalam negeri dengan tujuan meningkatkan ketahanan energi nasional,  memenuhi target bauran energi primer untuk gas bumi sebesar 22% di tahun 2025, meningkatkan daya saing industri dan mendorong pembangunan infrastruktur gas bumi nasional.

Tags : gas , esdm , migas