Bank Indonesia Naikkan Suku Bunga 25 Bps

| Kamis, 22/12/2022 15:41 WIB
Bank Indonesia Naikkan Suku Bunga 25 Bps Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menaikkan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7-DRRR) sebesar 25 basis poin menjadi 5,50 persen.

Kemudian untuk suku bunga deposit facility juga naik 25 basis poin menjadi level 4,75 persen, serta suku bunga lending facility meningkat 25 basis poin menjadi 6,25 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan keputusan kenaikan kebijakan suku bunga acuan ini sebagai langkah lanjutan secara front loaded, preemtif dan forward looking untuk memastikan penurunan ekspektasi inflasi dan inflasi sehingga tetap terjaga di kisaran sasaran 3 persen, plus-minus 1 persen.

"Setelah kami, Dewan Gubernur, melakukan rapat secara mendalam untuk melakukan asesmen secara menyeluruh tentang proyeksi ke depan, maka kami memutuskan menaikkan suku bunga BI7-DRRR sebesar 25 basis poin," tutur Perry dalam konferensi pers virtual, Kamis 22 Desember 2022.

Selain itu, keputusan tersebut guna memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor. Juga untuk memitigasi dampak rambatan dari masih kuatnya dolar AS dan tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

"Kebijakan moneter BI tahun 2023 akan difokuskan untuk menjaga stabilitas sedangkan kebijakan makroprudensial akan diarahkan untuk mendorong pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional," kata dia.

Tags : BI , Suku Bunga