Indosat Teken Kontrak Rp205 Miliar untuk Ekspansi Data Center

| Kamis, 12/01/2023 09:45 WIB
Indosat Teken Kontrak Rp205 Miliar untuk Ekspansi Data Center Indosat (Doc: BUMN)

RADARBANGSA.COM - Indosat (ISAT) telah menandatangani transaksi senilai Rp205,7 miliar untuk ekspansi data center. Penandatangan dilakukan pada Akhir Desember 2022. 

ISAT akan bermitra dengan BDX Asia Data Center Holdings Pte Ltd., yang merupakan penyedia data center, colocation, dan hybrid cloud (model cloud computing) terkemuka Asia Pasifik. Diharapkan dari kemitraan ini ISAT dapat mengembangkan, dan menumbuhkan bisnis SMT untuk menjadi perusahaan data center terkemuka di Indonesia dan dapat memberikan nilai tambah kepada Indosat

”Latar belakang dan alasan Indosat (ISAT) melakukan transaksi dengan pihak afiliasi untuk mengembangkan, dan menumbuhkan bisnis SMT untuk menjadi perusahaan data center terkemuka Indonesia,” tutur manajemen Indosat, diakses Kamis 12 Januari 2023.

Sebelumnya pada April 2022, Indosat dan anak usaha Lintasarta telah mengalihkan aset data center dalam SMT sebagai kontribusi modal berbentuk aset. Sebagai gantinya, Indosat menguasai 70% saham SMT dan  30% Lintasarta. Selanjutnya, Indosat, dan Lintasarta membentuk usaha patungan (Joint Venture) lebih lanjut dalam SMT dengan BDX dengan meneken perjanjian jual beli saham bersyarat, dan perjanjian usaha patungan bersyarat pada 12 Mei 2022.

Setelah syarat pendahuluan dari perjanjian jual beli saham, dan perjanjian usaha patungan bersyarat terpenuhi pada 2 Juni 2022, kini 17,5% saham SMT dikuasai Indosat, Lintasarta 7,5%, dan 75% BDX.

Tags : Data Center , Indosat

Berita Terkait