Cadangan Devisa Naik Ditopang Penerbitan Global Bond

| Selasa, 07/02/2023 13:16 WIB
Cadangan Devisa Naik Ditopang Penerbitan Global Bond Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Januari 2023 mencapai USD139,4 miliar atau meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Desember 2022 sebesar USD137,2 miliar. 

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan peningkatan posisi cadev pada Januari 2023 dipengaruhi oleh penerbitan global bond pemerintah. Selain itu juga ditopang oleh penerimaan pajak dan jasa yang mencatatkan realisasi positif.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," ulas Erwin dalam keterangan resminya, Selasa 7 Februari 2023.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. 

BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

"BI akan terus merespons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya. 
 

Tags : Cadev , Devisa , BI

Berita Terkait