Sri Mulyani Tegaskan APBN Terus Danai Proyek Strategis Nasional

| Senin, 27/02/2023 21:32 WIB
Sri Mulyani Tegaskan APBN Terus Danai Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Solo-Yogyakarta. (Foto: harianjogjacom)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) akan terus digunakan untuk membangun berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Salah satunya, kata Menkeu, APBN disalurkan kepada Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk melakukan pembebasan lahan guna pembangunan PSN.

APBN juga mengalokasikan Penyertaan Modal Negar (PMN) kepada PT Adhi Karya sebesar Rp1,40 triliun untuk menggarap proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo. 

"Jadi dalam hal ini PT Adhi Karya mendapatkan PMN Rp1,40 triliun, harus ada kontrak kinerja mengenai proyek di mana lokasinya dan berapa anggarannya sehingga kita bisa juga bersama Kementerian BUMN melakukan monitoring," ujar Sri Mulyani dilansir dari antaranews, Senin, 27 Februari 2023.

Pemerintah, lanjutnya, menyadari pengerjaan proyek infrastruktur seperti jalan tol tak selalu berjalan mulus. Untuk itu, pengambil kebijakan memberikan penjaminan terhadap PSN Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

"Dibuat suatu penjaminan agar proyek ini bisa berjalan tepat waktu tepat kualitas, tepat biaya," pungkasnya.

Tags : Menteri Keuangan , APBN , Jalan Tol , PSN , PMN