Sektor Manufaktur RI Konsisten Ekspansif 18 Bulan Beruntun

| Kamis, 02/03/2023 15:33 WIB
Sektor Manufaktur RI Konsisten Ekspansif 18 Bulan Beruntun Presiden Jokowi meninjau salah satu produk PT Solo Manufaktur Kreasi usai diresmikan (dok Radio Elshinta)

RADARBANGSA.COM - Di tengah gejolak ekonomi global, sektor manufaktur Indonesia konsisten berekspansi selama 18 bulan berturut-turut dan tercatat di level 51,2 pada Februari 2023.

“Resiliensi sektor manufaktur nasional didorong oleh permintaan dalam negeri yang tetap ekspansif. Rantai pasokan juga mengalami perbaikan dari segi waktu pengiriman yang makin pendek karena kinerja logistik yang makin efisien,”Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Febrio Nathan Kacaribu dalam keterangan tertulis, Rabu malam 1 Maret 2023.

Output manufaktur dan permintaan dalam negeri tercatat tetap ekspansif. Aktivitas pembelian input tercatat di level 52,8 atau lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang berada di level 52,3. Permintaan ekspor juga mengalami peningkatan meski masih berada di zona kontraksi akibat kondisi perekonomian global.

"Beberapa negara ASEAN yang juga mencatatkan ekspansi sektor manufaktur yaitu Thailand 54,8, Filipina 52,7, dan Vietnam 51,2," ujar Febrio.

Sementara itu, PMI manufaktur Malaysia masih terkontraksi di level 48,4.

“Secara keseluruhan, sektor manufaktur Indonesia masih mempertahankan sentimen bisnis yang optimis namun tetap waspada terhadap dinamika perekonomian global,” lanjut Febrio.  

 

Tags : Manufaktur , RI

Berita Terkait