Cadangan Devisa Februari 2023 Meningkat Jadi USD140,3 Miliar

| Selasa, 07/03/2023 11:40 WIB
Cadangan Devisa Februari 2023 Meningkat Jadi USD140,3 Miliar Mata uang Dolar AS (Foto: tribunnewscom)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mengumumkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia per akhir Februari 2023 mencapai USD140,3 miliar. 

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan cadev ini meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Januari 2023 sebesar USD139,4 miliar. "Peningkatan posisi cadangan devisa dipengaruhi oleh penerimaan pajak serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah," ulas Erwin dalam keterangan resminya, Selasa 7 Maret 2023.

Posisi cadev tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Cadev Februari ini juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Kami memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional," ulasnya. 

 

Tags : Cadangan Devisa , Cadev

Berita Terkait