Serapan Gas Domestik Capai 68 Persen

| Senin, 10/04/2023 07:48 WIB
Serapan Gas Domestik Capai 68 Persen Operasional Jaringan Gas Bumi (Doc: Bantennews)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mencatat serapan gas domestik tercatat sebensar 68% dari produksi gas nasional. Sektor ketenagalistrikan menjadi salah satu sektor terbesar penyerap gas bumi untuk mendukung program gasifikasi ketenagalistrikan.

"Hingga saat ini pemanfaatan gas domestik mencapai 68% di mana sektor industri menjadi konsumen terbesar, diikuti kelistrikan," ujar Direktur Pembinaan Program Migas Mustafid Gunawan dalam keterangan tertulisnya, Senin 10 April 2023.

Beberapa keuntungan menggunakan gas, antara lain mengurangi impor minyak untuk menjaga neraca perdagangan, memberikan kontribusi nilai tambah dan multiplier effect bagi ekonomi rakyat di daerah, mengoptimalkan penggunaan gas untuk rumah tangga, memenuhi komitmen Paris Agreement, serta pemenuhan target bauran energi dalam Kebijakan Energi Nasional. 

Berdasarkan Neraca Gas Tahun 2023-2032, produksi gas Indonesia akan mengalami penurunan jika hanya mengandalkan lapangan yang ada. Agar hal itu tidak terjadi, Pemerintah mendorong pengembangan lapangan-lapangan migas yang potensial. Secara umum, dengan memperhitungkan pasokan dari proyek-proyek migas, produksi gas akan meningkat signifikan tahun 2032.

Sementara untuk LNG, Indonesia masih berpeluang menghasilkan LNG yang signifikan hingga tahun 2035. "Dalam beberapa tahun ke depan, ada beberapa kargo LNG Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung transisi energi," urai Mustafid.

 

Tags : Gas , LNG , Jargas