WHO Cabut Status Darurat Global Covid-19

| Senin, 08/05/2023 09:27 WIB
WHO Cabut Status Darurat Global Covid-19 Masyarakat Gunakan Masker Selama Pandemi (Doc: Harian Nasional)

RADARBANGSA.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakhiri status darurat global untuk COVID-19 pada hari Jumat 5 Mei 2023.

Namun, badan kesehatan PBB itu mengingatkan semua negara tetap mewaspadai virus yang menewaskan lebih dari 6,9 juta orang bersama dengan penyakit menular lainnya.

Komite Darurat WHO bertemu pada hari Kamis dan merekomendasikan organisasi PBB tersebut untuk mendeklarasikan diakhirinya krisis virus corona sebagai "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional" - tingkat kewaspadaan tertinggi - yang telah diberlakukan sejak 30 Januari 2020.

“Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan COVID-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Seperti dikutip Senin 8 Mei 2023.

Selama konferensi pers tentang keputusan tersebut, beberapa anggota WHO menjadi emosional saat mereka mendesak semua negara untuk merenungkan pelajaran yang dipetik selama pandemi.

Mengakhiri keadaan darurat dapat berarti bahwa kolaborasi internasional atau upaya pendanaan juga diakhiri atau dialihkan fokusnya, meskipun banyak yang telah beradaptasi ketika pandemi mereda di berbagai wilayah.

"Pertempuran belum berakhir. Kita masih memiliki kelemahan dan kelemahan yang masih kita miliki di sistem  akan terpapar oleh virus ini atau virus lain. Dan itu perlu diperbaiki," kata Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan.

WHO tidak mengumumkan awal atau akhir pandemi, meskipun istilah COVID mulai digunakan pada Maret 2020.

"Dalam kebanyakan kasus, pandemi benar-benar berakhir ketika pandemi berikutnya dimulai," kata Ryan.

Tags : WHO , Covid-19

Berita Terkait