Menparekraf Sebut Ekonomi Digital Berdampak Positif Bagi Pelaku Parekraf

| Rabu, 17/05/2023 19:55 WIB
Menparekraf Sebut Ekonomi Digital Berdampak Positif Bagi Pelaku Parekraf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Doc: Parekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa ekonomi digital memberikan dampak positif bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya UMKM dalam memperkuat ketahanan usaha, terutama pada era transformasi digital.

"Ekonomi digital telah terbukti membantu ketahanan usaha dari para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama saat pandemi COVID-19 yang memberikan dampak besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga dalam keterangan resmi, Rabu, 17 Mei 2023.

Dipaparkannya, sektor parekraf mencatatkan kinerja positif pada 2022 berkat peran ekonomi digital dengan capaian indeks pariwisata Indonesia naik 12 peringkat ke posisi 32 dalam Travel Tourism Development Index (TTDI), mengungguli Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina, sementara PDB pariwisata Indonesia juga mulai mendekati angka 4 persen dan nilai devisa pariwisata mencapai 4,26 miliar dolar AS.

Sandiaga menyebut capaian di sektor parekraf ditargetkan meningkat yakni, target nilai devisa pariwisata 2023 sebesar 2,07 miliar dolar AS pada batas bawah dan 5,95 miliar dolar AS pada batas atas. Nilai kontribusi PDB pariwisata ditargetkan mencapai sebesar 4,1 persen, ekspor produk ekonomi kreatif diperkirakan menembus 26,46 miliar dolar AS atau Rp397,98 triliun, serta nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan mencapai Rp1.297 triliun.

Target kinerja yang meningkat dua kali lipat ini diharapkan memberikan dampak besar kepada masyarakat dengan keberadaan lapangan kerja sebesar 22,4 juta di sektor pariwisata dan 22,29 juta di sektor ekonomi kreatif.

Tags : Menparekraf RI , Ekonomi Kreatif , UMKM , Indonesia