Pemerintah Dorong Mazda Produksi Mobil Listrik di RI

| Rabu, 07/06/2023 11:37 WIB
Pemerintah Dorong Mazda Produksi Mobil Listrik di RI Mobil Listrik Mazda (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Indonesia mendorong Raksasa Otomotif Jepang Mazda tengah untuk berpartisipasi dalam program percepatan Electric Vehicle (EV) di Indonesia. 

“Kami mengharapkan Mazda dapat mempertimbangkan produk Mazda MX-30 (EV) sebagai salah satu line-up yang diproduksi di Indonesia,” ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulisnya, Rabu 7 Juni 2023.

Tak hanya itu, Agus juga menegosiasikan agar  Indonesia bisa menjadi basis produksi Mazda di Wilayah ASEAN. 

“Kemenperin menyampaikan apresiasi atas rencana investasi Mazda di Indonesia. Kami ingin memastikan rencana produksi Mazda di Indonesia, sekaligus mendorong agar Mazda menjadikan Indonesia sebagai basis produksi di wilayah ASEAN dan Australia,”

Mazda memiliki pangsa pasar tinggi di Australia. Pada tahun 2022, penjualan Mazda di Australia sebesar 95.718 unit, tertinggi kedua setelah Toyota. Produk Mazda yang diterima di Australia di antaranya CX-5 (27.062 unit), BT-50 (12.937 unit), dan Mazda CX-3 (11.907 unit) yang sebagian besar diimpor dari Thailand.

Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation Hironoki Tanaka menyampaikan, saat ini Mazda tengah melakukan kunjungan kedua ke Indonesia. Diharapkan, dengan hasil kunjungan tersebut, perusahaan dapat segera menentukan model yang akan diproduksi pabrik barunya nanti.

Tags : Mazda , Mobil Listrik ,

Berita Terkait