Antisipasi El Nino, Pemerintah Genjot Tingkat Pertanaman

| Selasa, 08/08/2023 08:32 WIB
Antisipasi El Nino, Pemerintah Genjot Tingkat Pertanaman Lahan Pertanian (Foto: Detik Finance)

RADARBANGSA.COM - Mengantisipasi dampal El- Nino, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mempersiapkan kurang lebih 500 ribu hektar di seluruh Indonesia untuk mendorong tingkat pertanaman di Indonesia.

“Bapak Presiden memerintahkan kepada saya mempersiapkan kurang lebih 500 ribu hektar di seluruh Indonesia. Ini bukan membuat lahan baru, tapi menambah pertanaman baru. Kalo sebelomnya tanam cuma 1 atau 2 kali dalam setahun, ini yang kita tingkatkan jadi 2 sampai 3 kali tanam. Kita naiknya jumlah pertanaman kita sehingga produksi juga meningkat,” terang Mentan dalam keterangan tertulis, Selasa 8 Agustus 2023.

Lebih lanjut dia memaparkan terdapat 6 Provinsi di seluruh Indonesia yang akan dilakukan intervensi Kementerian Pertanian (Kementan) yakni Sumatera Selatan, Sumatera Utara, 3 Provinsi di Jawa, dan Sulawesi Selatan, ditambah Provinsi pendamping yakni Lampung, NTB, Kalsel maupun Banten. 

“Akan ada 500 ribu hektare dan kita berharap lahan ini akan ditempatkan pada zona hijau. Zona ini adalah zona yang kalaupun ada Elnino besok tapi ketersediaan air bisa kita jamin dan tentu dengan menggunakan mekanisasi, intervensi teknologi, bahkan dengan kekuatan varietas-varietas yang tahan hama,” ucapnya

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan dampak El- Nino tidak bisa diprediksi namun upaya mengatasi dampak yang akan terjadi utamanya pada sektor pangan akan dilakukan sedini mungkin. Dengan begitu, kondisi ketersediaan pangan khususnya beras harus bisa dijamin secara maksimal.

 

“Akan ada 500 ribu hektare dan kita berharap lahan ini akan ditempatkan pada zona hijau. Zona ini adalah zona yang kalaupun ada Elnino besok tapi ketersediaan air bisa kita jamin dan tentu dengan menggunakan mekanisasi, intervensi teknologi, bahkan dengan kekuatan varietas-varietas yang tahan hama,” ucapnya.

Tags : El Nino , Lahan , Tanam

Berita Terkait