Pemerintah Dorong ASEAN Maksimalkan Potensi Perdagangan Digital

| Selasa, 05/09/2023 19:14 WIB
Pemerintah Dorong ASEAN Maksimalkan Potensi Perdagangan Digital Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyebutkan, negara- anggota ASEAN perlu menekankan bahwa semua negara harus dapat berpartisipasi dan memanfaatkan sepenuhnya perdagangan digital. Untuk itu, diperlukan upaya bersama untuk semakin menutup kesenjangan digital di ASEAN.

“Potensi digital ASEAN dan Indonesia sangat besar. Hal ini didukung beberapa perjanjian kerja sama di bidang ekonomi digital yang telah dilaksanakan sejak awal 2000-an. Digitalisasi adalah isu strategis. Namun, saat ini masih terdapat kesenjangan kesiapan digital yang cukup besar di berbagai aspek di Indonesia. Hal ini sangat krusial mengingat perdagangan digital sangat signifikan untuk membina dan memperbesar akses partisipasi UMKM di pasar,“ terang Wamendag Jerry.

Dalam kesempatan tersebut, Wamendag Jerry juga menuturkan isu penting lainnya, yaitu kebijakan dekarbonisasi dan ekonomi hijau yang banyak diterapkan di sebagian besar negara. Prioritas utama kawasan ini adalah transisi menuju ekonomi hijau yang melibatkan pergerakan menuju jalur dekarbonisasi ASEAN.

“Dekarbonisasi dapat mendukung kemajuan kolektif dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Deveopment Goals/SDGs) karena enam di antaranya berkaitan erat dengan ekonomi hijau,“ tandas Wamendag Jerry.

Tags : ASEAN , Perdagangan Digital