Naik, Produksi Batubara RI Januari - Agustus Capai 504,4 Juta Ton

| Selasa, 19/09/2023 11:50 WIB
Naik, Produksi Batubara RI Januari - Agustus Capai 504,4 Juta Ton Tambang Batubara (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Produksi batubara Indonesia mencapai 504,4 juta ton sepanjang Januari - Agustus 2023. Angka ini naik 12% dibanding Januari - Agustus 2022 (Yoy). 

Produksi diperkirakan akan lebih baik di bulan-bulan mendatang karena musim kemarau yang akan datang dari El-Nino. Konsumsi dan ekspor batu bara domestik tetap kuat di 176,0 juta ton (+7,2% YoY) dan 237,6 juta ton (+7,3% YoY), masing-masing.

"Dinamika global, seperti potensi krisis pasokan di Australia dan produksi domestik yang lamban di Cina dan India, serta meningkatnya konsumsi listrik, menciptakan potensi kenaikan permintaan batu bara Indonesia," kata Analis Riset PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Rizkia Darmawan dalam keterangan tertulis, Selasa 19 September 2023.

Dalam jangka pendek, harga batu bara diperkirakan akan tetap tinggi mengingat dinamika yang disebutkan sebelumnya. "Secara keseluruhan, kami mempertahankan proyeksi harga Newcastle kami, dengan kecenderungan harga untuk jatuh di antara skenario base/bullish kami pada kuartal III," ujar Rizkia. 

Potensi peningkatan permintaan dan harga yang tetap tinggi dapat mendukung pendapatan perusahaan. Namun, kenaikan harga minyak dapat meningkatkan biaya para penambang. "Oleh karena itu, kami mempertahankan pandangan Netral kami terhadap sektor batu bara Indonesia," tutup Rizkia

Tags : Batubara , coal

Berita Terkait