BI: Pembiayaan Perbankan Meningkat

| Selasa, 19/09/2023 11:55 WIB
BI: Pembiayaan Perbankan Meningkat Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Agustus 2023 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. 

Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi BI mengatakan peningkatan penyaluran kredit ini terlihat dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) yang mencapai 86,2%. Angka ini tumbuh lebih tinggi dibandingkan SBT bulan sebelumnya sebesar 45,1%.

"Faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain," ujar Erwin dalam keterangannya, Selasa 19 Agustus 2023.

Sementara itu, untuk keseluruhan triwulan III 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan diperkirakan meningkat. Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru relatif stabil pada Agustus 2023. 

Sementara itu, pemenuhan pembiayaan yang berasal dari bank umum meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun selain perbankan, sumber pembiayaan lain yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing.

Untuk pembiayaan korporasi pada Agustus 2023 tumbuh positif meski lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Hal tersebut tecermin dari SBT pembiayaan korporasi sebesar 14,7% atau lebih rendah dibandingkan SBT 17,6% pada Juli 2023.

"Sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pembiayaan yang berasal dari perbankan dalam negeri yang tercatat meningkat dibandingkan bulan sebelumnya," pungkas Erwin

Tags : Pembiayaan , Kredit

Berita Terkait