Menkeu Sebut APBN Bekerja Luar Biasa Jaga Stabilitas Ekonomi

| Senin, 23/10/2023 21:15 WIB
Menkeu Sebut APBN Bekerja Luar Biasa Jaga Stabilitas Ekonomi Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) telah bekerja luar biasa untuk menjaga stabilitas perekonomian Indonesia melalui sisi pendapatan dan belanja.

"Dalam 40 tahun terakhir, kita dihadapkan pada banyak guncangan. Dunia akan terus terjadi 'ontran-ontran'," kata Sri Mulyani dikutip dari antaranews, Senin, 23 Oktober 2023.

Oleh karena itu, kata Menkeu, Indonesia tetap harus menjaga instrumen jika ingin menjaga keadilan dan kemakmuran, serta menjadi negara dengan pendapatan tinggi. APBN, lanjutnya, didesain untuk menghadapi situasi yang berubah-ubah yang sering kali tidak dirasakan secara langsung. Hal tersebut sesuai dengan fungsi APBN sebagai stabilisator.

"Kalau ekonomi goyah maka harus didinginkan dengan menggunakan APBN, kalau terjadi kontraksi maka harus diangkat untuk tumbuh kembali," tuturnya.

APBN merupakan instrumen yang ditujukan untuk menjaga kondisi perekonomian. "Jangan dibolak-balik. Anggaran sebagai instrumen, tujuannya ekonomi," katanya.

Sri Mulyani memastikan ada konsekuensi dari tiap rupiah yang diambil untuk APBN.

Tags : Menteri Keuangan RI , APBN , Indonesia

Berita Terkait