TikTok Gandeng GOTO untuk Selamatkan TikTok Shop

| Rabu, 06/12/2023 09:31 WIB
TikTok Gandeng GOTO untuk Selamatkan TikTok Shop Apliksi TikTok (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - TikTok dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di salah satu unit Grup GoTo (GOTO) di Indonesia guna menyelamatkan TikTok Shop. 

Melansir Bloomberg, layanan video milik Tiongkok ini telah setuju bekerja sama dengan Tokopedia milik GoTo alih-alih bersaing langsung dengan platform Indonesia, kata sejumlah sumber yang mengetahui perjanjian tersebut. 

Kedua pihak berencana untuk mengumumkan rincian kerja sama tersebut secepatnya pada pekan depan, kata sumber tersebut, dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena kesepakatan belum diresmikan.

Meskipun kedua perusahaan telah mencapai kesepakatan informal, rincian akhir dari aliansi tersebut sedang diselesaikan dan dapat berubah sebelum diumumkan, kata sumber tersebut. Perjanjian tersebut juga masih harus menunggu persetujuan regulator dan masih bisa gagal, tambah mereka.

Investasi di Tokopedia akan menjadi investasi pertama bagi TikTok Shop, cabang layanan video ByteDance yang berkembang pesat dan membuat terobosan dalam belanja online dari Amerika hingga Eropa. Namun kemajuannya di Indonesia berhadapan dengan Sea Ltd  dan Tokopedia terhenti ketika pemerintah Indonesia – mengikuti desakan pedagang offline – memaksa TikTok untuk memisahkan layanan pembayaran dari layanan belanja jika ingin tetap beroperasi di Indonesia.

Kini, kerja sama dengan operator lokal dapat menjadi model bagi TikTok dalam melakukan ekspansi di pasar lain seperti Malaysia, di mana pemerintah telah mengisyaratkan kesediaannya untuk meninjau kembali pengaruh pemain luar negeri seperti TikTok.

Tags : TikTok , GOTO

Berita Terkait