Menhub Budi Ingatkan Masyarakat Kembali Terapkan Protokol Kesehatan

| Kamis, 21/12/2023 15:31 WIB
Menhub Budi Ingatkan Masyarakat Kembali Terapkan Protokol Kesehatan Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mencatat ada sekitar 107 juta masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dari angka tersebut, sebanyak 14 juta masyarakat berangkat naik kereta api.

"Persiapan Nataru ini dilakukan secara sistematis, kebanyakan rata-rata pemudik ini berangkat ke Solo dan Jogja. Jadi kita harus mempersiapkan keamanan dengan baik," katanya dalam acara Upacara Apel Persiapan Nataru 2023/2024 di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Desember 2023.

Menyikapi soal kasus COVID-19 yang kembali naik, Menhub pun mengimbau agar masyarakat memakai masker dan rutin mencuci tangan kembali.

"Kita imbau mereka cuci tangan di toilet-toilet yang disediakan di sektor transportasi umum ya," tuturnya.

Menhub pun mengaku bahwa saat ini transportasi kereta api semakin baik, hal itu terbukti dari berbagai jenis kereta api yang beroperasi melayani penumang. Bahkan tak hanya kereta api, dia juga menyebut Kereta Cepat Whoosh dan LRT Jabodebek berhasil menarik perhatian masyarakat.

"Sektor kereta api sedang dalam masa jayanya, terdapat pada produk-produk yang sangat baik. Kita tahu kereta cepat whoosh sudah berjalan, LRT Jabodebek sudah dilaksanakan dan semua itu diberikan apresiasi oleh masyarakat," pungkasnya.

Tags : Menhub RI , Mudik , Nataru , Protokol Kesehatan , COVID-19