Wapres Sebut Jawa Barat Salah Satu Penopang Penting Pertumbuhan Ekonomi Nasional

| Selasa, 23/04/2024 19:55 WIB
Wapres Sebut Jawa Barat Salah Satu Penopang Penting Pertumbuhan Ekonomi Nasional KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Maruf Amin menyebutkan bahwa Provinsi Jawa Barat (Jabar) menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional dengan berbagai keunggulan yang dimiliki provinsi tersebut.

"Jumlah populasi yang besar di Jawa Barat misalnya, menghadirkan potensi pasar yang besar pula. Selain itu, iklim investasi semakin kondusif, didukung dengan adanya konektivitas infrastruktur dan produktivitas tenaga kerja yang tinggi. Saya juga menyambut baik rantai nilai produksi terintegrasi yang telah terbangun di wilayah ini," kata Wapres saat memberi sambutan pada acara pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jabar di Kota Bandung, Jabar, Selasa, 23 April 2024.

Adapun di tingkat nasional, lanjut Wapres, Jabar menjadi salah satu penyumbang terbesar terhadap PDB nasional, pengekspor komoditas terbesar serta realisasi investasi tertinggi.

"Saya harapkan capaian ini mampu dipertahankan, bahkan ditingkatkan, salah satunya melalui upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," tukasnya.

Wapres juga mendengar bahwa Jabar saat ini tengah menggarap berbagai proyek pengembangan pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, yang selaras dengan prinsip kemaslahatan syariah.

Sedangkan, dalam upaya optimalisasi potensi besar ekonomi dan keuangan syariah, Wapres mengatakan Pemprov Jabar terus memperkuat ekosistem infrastruktur ekonomi dan keuangan syariah, termasuk melalui penyusunan peraturan dan rencana pembangunan daerah sektor ekonomi syariah.

Selain itu, ia juga mengatakan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang terus didorong oleh Pemprov juga telah membuahkan hasil. Pada 2023, Provinsi Jabar menerima penghargaan pada lima kategori Adinata Syariah.

"Ke depan, saya minta pengembangan ekonomi dan keuangan syariah tetap selaras dan sinergis dengan prioritas pembangunan, kekhasan dan keunggulan daerah serta kekayaan sumber daya alam dan keragaman budaya," ucap Wapres.

Tags : Wapres RI , Ekonomi , Keuangan Syariah , KDEKS , Jabar