Ini Penyebab Mengapa Saat Flu Tidak Bisa Merasakan Makanan

| Kamis, 21/01/2021 20:45 WIB
Ini Penyebab Mengapa Saat Flu Tidak Bisa Merasakan Makanan Makanan (Foto: hellosehatcom)

RADARBANGSA.COM – Sobat sekalian, apakah sobat pernah tiba-tiba kehilangan indera perasa saat terserang flu? Kalau iya memang benar begitulah adanya sobat.

Saat tubuh terserang flu, aroma makanan yang biasanya tercium oleh hidung akan tersangkut oleh lendir sehingga tidak dapat tersampaikan menuju otak. Lalu sebagai gantinya, kita hanya akan merasakan hambar saat makan.

Selain itu, indra penciuman dan indra perasa sangat berkaitan, jika salah satunya bermasalah maka akan berakibat pada yang lainnya, otak tidak dapat menerima informasi apapun tentang rasa dari aroma apabila indra penciuman bermasalah

Disamping itu, pengaruh dehidrasi juga umumnya menyebabkan enzim pada mulut penderita flu berkurang, sehingga dapat mempengaruhi rasa suatu makanan.

Selain itu, saat flu juga muncul infeksi pada saluran nafas atas yang dapat menyebabkan pembengkakkan pada area hidung. Pembengkakan ini menghalangi aliran udara di hidung membuat hidung terasa tersumbat dan penuh.

Dari terganggunya indra penciuman ini juga akan berdampak pada terganggunya indra pencecap. Oleh karena itu tak ayal, orang yang mengalami flu disertai dengan gangguan penciuman juga akan mengalami gangguan pencecapan. 

Nah mungkin itu dulu informasinya sobat, semoga membantu.

Tags : flu , indera perasa

Foto Terkait