Bagus Dikonsumsi Saat Buka Puasa, ini Manfaat Buah Kurma

| Selasa, 13/04/2021 21:30 WIB
Bagus Dikonsumsi Saat Buka Puasa, ini Manfaat Buah Kurma Buah Kurma. (Foto: alodoktercom)

RADARBANGSA.COM - Buah kurma menjadi salah satu makanan favorit, terutama saat puasa ramadan. Kurma rasanya manis dan kaya nutrisi dapat meningkatkan energi, sekaligus mengelola kadar gula darah.

Dilansir dari okezone.com, berikut manfaat kurma untuk kesehatan:

1. Kurma membantu menjaga massa tulang

Penelitian menunjukkan bahwa pengeroposan tulang pada wanita pasca menopause dengan osteopenia dapat dikurangi dengan meningkatkan asupan kalium. Satu kurma kering menyediakan hampir 140 miligram nutrisi berharga ini.

Para ilmuwan percaya bahwa asupan kalium yang tinggi melindungi massa tulang dengan mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan melalui ginjal.

2. Kurma dapat menyeimbangkan gula darah

Peneliti diabetes telah menunjukkan bahwa kurma memiliki dampak glikemik yang rendah. Ini berarti bahwa makan kurma, dapat membantu penderita diabetes tipe-2 mengelola gula darah dan kadar lemak darahnya.

3. Kurma mengandung penguat otak

Setiap kurma mengandung lebih dari dua miligram kolin, vitamin B yang merupakan komponen dalam asetilkolin, neurotransmitter memori. Asupan kolin lebih tinggi dikaitkan dengan memori dan pembelajaran yang lebih baik, menjadikannya nutrisi utama untuk anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua yang berisiko terkena Alzheimer.

4. Kurma merupakan sumber antioksidan

Semua kurma, segar atau kering, mengandung berbagai jenis antioksidan. Kurma segar mengandung antosianidin dan karotenoid, sedangkan kurma kering mengandung polifenol, seperti halnya teh hijau. Percobaan dalam kimia makanan menunjukkan bahwa kurma Khalas , kurma Madinah memiliki antioksidan tertinggi jika dibandingkan dengan varietas kurma lainnya.

5. Kurma dapat membantu menurunkan tekanan darah

Satu porsi berisi lima atau enam buah kurma menyediakan sekitar 80 miligram magnesium, mineral penting yang membantu melebarkan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa kurma dapat melengkapi 370 miligram magnesium dan dapat menurunkan tekanan darah.

Tags : Buah Kurma , Kesehatan , Ramadan

Foto Terkait