Anda Suka Makan Pepaya? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

| Rabu, 12/01/2022 22:50 WIB
Anda Suka Makan Pepaya? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Buah pepaya. (Foto: halodoccom)

RADARBANGSA.COM - Buah Pepaya sudah sangat dikenal dan sangat mudah ditemukan. Pepaya kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari alodokter, Rabu, 12 Januari 2022, Pepaya mengandung serat yang banyak dan bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Adapun manfaat makan Pepaya antara lain:

1. Menjaga kesehatan mata

Buah Pepaya diketahui mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Kandungan vitamin A dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan penglihatan yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti degenerasi makula.

2. Memelihara kesehatan rambut dan kuku

Ragam vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah dengan daging berwarna jingga ini bahkan bisa diolah menjadi masker rambut untuk menyuburkan dan melebatkan rambut.

3. Melancarkan pencernaan

Pepaya mengandung tinggi serat dan enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. Penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi pepaya diketahui dapat meredakan konstipasi dan perut kembung.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C dan likopen di dalam pepaya, menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan yang baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan kulit

Berbagai nutrisi dalam pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat muda. Misalnya, enzim papain yang dapat melembutkan kulit serta vitamin A dan C yang mengurangi kerutan dan memudarkan bintik hitam.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E membuat pepaya menjadi salah satu buah yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari penyakit infeksi, seperti pilek dan flu.

Selain beberapa manfaat di atas, buah pepaya juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini berkat kandungan antioksidan likopen yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Tak hanya buahnya, daun dari pohon pepaya juga baik dikonsumsi, terutama jika Anda sedang menderita penyakit demam dengue. Daun pada buah pepaya dipercaya dapat meningkatkan trombosit lebih cepat. Meski demikian, manfaat pepaya yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Tags : Pepaya , Kesehatan , Tubuh ,

Foto Terkait