Kaya Vitamin, ini Manfaat Sayur Toge Bagi Kesehatan

| Selasa, 15/02/2022 22:15 WIB
Kaya Vitamin, ini Manfaat Sayur Toge Bagi Kesehatan Sayur Toge. (Foto: hellosehat)

RADARBANGSA.COM - Toge atau kecambah merupakan sayuran yang berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai. Sayur toge mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, protein, dan serat.

Berbagai jenis vitamin dan mineral juga terkandung di dalam toge. Beberapa di antaranya adalah vitamin B, vitamin C, vitamin K, folat, zat besi, kalium, dan fosfor. Tak hanya itu, toge pun mengandung beragam antioksidan, seperti beta karoten, polifenol, dan asam fenolat.

Dilansir dari alodokter, berikut manfaat sayur untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Konsumsi makanan berserat secara rutin seperti kacang-kacangan, buah, dan sayuran, termasuk toge, baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigiselrida serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Selain itu, toge juga mengandung kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil, sehingga bisa mencegah terjadinya hipertensi. Berkat kandungannya tersebut, toge bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Toge mengandung vitamin C, folat, protein, dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh tetap kuat. Pasalnya, beragam nutrisi dan antioksidan tersebut dapat mendukung produksi sel darah putih dan zat antibodi yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat dan air pada toge dikenal baik untuk melancarkan pencernaan, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Selain itu, toge juga memiliki kandungan prebiotik. Ini artinya, toge bisa dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik di usus. Dengan begitu, kesehatan usus pun tetap terjaga.

4. Mengontrol Berat Badan

Bingung memilih makanan sehat ketika sedang diet? Toge bisa menjadi salah satu pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi. Sayuran ini tergolong rendah kalori, tetapi padat nutrisi dan serat. Ini artinya konsumsi toge tidak akan membuat berat badan Anda cepat meningkat, sehingga bisa mendukung efektivitas diet.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Konsumsi toge juga baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa toge mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dan mengatur aktivitas enzim amilase, yaitu enzim yang digunakan tubuh untuk memecah dan mencerna gula.

Tags : Sayur , Toge , Kesehatan , Nutrisi , Vitamin , Tubuh

Foto Terkait