5 Makanan dengan Gizi Terburuk yang Patut Diwaspadai

| Rabu, 18/05/2022 21:10 WIB
 5 Makanan dengan Gizi Terburuk yang Patut Diwaspadai Potato Chips (Foto: fimelacom)

RADARBANGSA.COM – Salah seorang pernah berkata, “Penyakit muncul dari apa yang kamu makan,”.

Andai saja kalimat itu viral, se-viral tarian di TikTok, mungkin kita semua akan lebih berhati – hati menjaga makanan kita.

Namun ya, kalimat itu harusnya mulai kita pikirkan lagi. Faktanya aktivitas kita yang padat membuat kita ingin menyantap makanan enak yang “cepat” sebagai “hadiah singkat” atas apa yang sudah kita kerjakan sepanjang hari ini.

Tapi apakah “hadiah singkat” ini sepadan dengan dampak yang terjadi dalam tubuh kita?

Baik tanpa berlama –lama, ini adalah 5 daftar makanan yang mengandung gizi buruk versi Eat This, Not That! yang “kebetulan” juga makanan – makanan ini sering kita konsumsi.

 

1. Keripik Kentang

Sebuah studi dari  A New England Journal of Medicine mengemukakan keripik kentang menambah banyak lemak ke tubuh kita dibandingkan saat kita mengkonsumsi minuman manis, daging olahan, daging merah, dan makanan lainnya.

Sebenarnya Kentang adalah makanan yang bebas lemak dan rendah kalori. Namun saat diolah dengan segala macam bumbu dan dimasukkan ke dalam minyak goreng dengan metode deep fry, manfaatnya sudah tidak lagi sepadan.

 

2. Ayam Goreng Tepung

 

 

Ayam goreng tepung sepertinya sudah menjadi favorit semua lapisan masyarakat. Dagingnya yang empuk ditambah dengan tepung bumbu yang begitu gurih plus penyajiannya dengan banyak varian saos, menjadikan ayam goreng tepung begitu dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Namun yang perlu diketahui, lemak jenuh dari kulit ayam juga meningkatkan kolesterol LDL (jahat), yang berkontribusi pada plak di arteri, membuat anda lebih berisiko terkena stroke dan penyakit jantung. Demikian sebagaimana yang ditulis dalam Journal Ilmu dan Teknologi Pangan.

Ditambah lagi dengan lapisan tepung tebal yang digoreng dalam minyak panas yang mendesis, dan WAH! kita baru saja membuat  protein bergizi menjadi makanan yang paling tidak sehat di dunia.

 

3. Donat

 

 

Salah satu alasan penting mengapa donat tidak sehat karena komposisi adonannya yang terbuat dari tepung putih ditambah gula ditambah mentega ditambah nabati. Tak berhenti disitu, adonan kemudian direndam dalam minyak goreng panas.

Menurut Mayo Clinic donat tak kalah buruknya dengan makanan tepung lainnya. Lemak dalam donat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

 

4. Fondant

 

 

Kita sudah saling mengetahui, bahwa fondant pada dasarnya terbuat dari gula. Benar, gula yang banyak sekali ditambah dengan gelatin, lemak nabati atau shortening, lalu gliserol dan terakhir propilen glikol yang sangat dikaitkan dengan dampaknya pada kerusakan ginjal. Fakta ini ditulis dari National Kidney Foundation.

Jadi jangan sering – sering lagi mengkonsumsi makanan dengan banyak fondant ya!

 

5. Daging Deli

 

 

Katakan saja kamu tidak sanggup jika harus meninggalkan potongan daging olahan pada Burger atau sandwich atau pada jenis makanan apapun itu! Ini karena kamu sudah terlalu biasa mengkonsumsi Daging Deli tanpa mengetahui dampaknya ke tubuh!.

Daging Deli dipercaya mengandung banyak natrium, yang juga kemudian dikaitkan dengan risiko terserang kanker usus besar.

Memang, produknya yang praktis dan rasanya yang enak membuat kita banyak menumpuknya di Kulkas. Namun saat kita memulai proses penghangatan di microwave membuat daging ini -- lagi – lagi -- menjadi sebuah makanan yang tidak ada gizinya sama sekali.

 

 

Tags : makanan tidak sehat , tidak sehat , makanan berlemak

Foto Terkait