5 Alasan Kenapa Harus Pakai Sunscreen

| Selasa, 23/08/2022 20:34 WIB
5 Alasan Kenapa Harus Pakai Sunscreen Wanita mengoleskan sunscreen di wajah (Doc: Lifestyle)

RADARBANGSA.COM - Kita sudah tahu bahwa sunscreen pada dasarnya adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun tahukah anda jika manfaat sunscreen tidak hanya berhenti sampai disitu, banyak manfaat penting lainnya yang bisa didapatkan.

Sunscreen sejatinya adalah rahasia kecantikan terbaik. Di saat terik panas matahari menyelemuti kulit anda, kulit akan tetap sehat dengan mengoleskan sunscreen.

Jadi tidak hanya berhenti untuk menjaga kulit dari perubahan warna akibat matahari, namun sunscreen juga berfungsi penting dalam menyehatkan kulit. Berikut ini adalah sederet manfaat yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Sunscreen mengurangi kanker kulit

Sunscreen telah terbukti mengurangi kemungkinan berkembangnya kanker kulit seperti Melanoma dan Squamous Cell Carcinoma (SCC); serta bintik matahari, yang dapat menjadi awal dari kanker kulit. 

Dengan lebih dari 1.500 orang di Negara Australia meninggal karena Melanoma setiap tahun, ada baiknya meluangkan waktu untuk memakai sunscreen setiap beberapa jam – itu benar-benar dapat menyelamatkan hidup Anda!

 

2. Sunscreen membantu mencegah kulit terbakar

Sayangnya, banyak dari kita yang tahu betapa menyakitkan (dan memalukan) sengatan matahari dan sunscreen adalah alat penting untuk membantu melindungi kulit Anda dari rasa terbakar.

Angka faktor perlindungan matahari (SPF) adalah indikasi seberapa banyak perlindungan yang ditawarkan sunscreen bila diterapkan dengan benar. Jika kulit tanpa sunscreen  akan terbakar dalam 1 menit, maka tabir surya berperingkat SPF 50 berarti akan membutuhkan waktu 50 menit untuk kulit yang sama untuk terbakar. 

Penting untuk dicatat bahwa ini bergantung pada cara pengaplikasiannya. Hal ini mengharuskan kita untuk benar-benar harus meminimalkan waktu kita di bawah sinar matahari bahkan ketika memakai sunscreen faktor tinggi.

 

5. Sunscreen mengurangi Eksaserbasi Fotodermosis

Fotodermosis adalah erupsi kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Ini termasuk letusan ringan Polymorphous (PMLE), Actinic Prurigo dan Xeroderma Pigmentosum - kondisi ini dapat menyebabkan ruam yang sangat gatal, kulit terbakar parah setelah paparan sinar matahari singkat, bintik-bintik, kulit kering, dan pigmentasi kulit yang tidak biasa. Kondisi lain juga dapat diperparah akibat sinar UV seperti Lupus dan Rosacea.

 

4. Sunscreen adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi penuaan dini

Penggunaan sunscreen dianggap sebagai cara paling efektif untuk mencegah penuaan dengan membantu menjaga tekstur kulit dan mengurangi perkembangan jerawat, pembuluh darah kecil yang terlihat, area berpigmen seperti bintik-bintik dan garis-garis halus.

Anda dapat dengan mudah memasukkan sunscreen ke dalam rutinitas kecantikan pagi Anda dengan menerapkannya setelah pelembab dan sebelum riasan Anda; dan sekarang ada banyak sunscreen wajah berkualitas tinggi di pasaran yang dibuat khusus untuk melapisi alas bedak Anda.

5. Sunscreen membantu tubuh Anda melindungi diri dari ancaman lain

Ketika kulit kita rusak oleh paparan sinar UV, sel-sel kita menjadi kurang efektif dalam mendeteksi dan menyerang ancaman terhadap sistem kekebalan tubuh. 

Ini mempersulit tubuh kita untuk melawan penyakit dan memperlambat kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Menerapkan sunscreen secara teratur membantu melindungi kulit kita dari kerusakan UV sejak awal, sehingga kita dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi puncak.

 

 

 

Tags : Sunscreen , Manfaat Sunscreen

Foto Terkait