Penting! Ini Jenis Buah Kaya Serat dan Baik untuk Pencernaan

| Rabu, 08/03/2023 22:57 WIB
Penting! Ini Jenis Buah Kaya Serat dan Baik untuk Pencernaan Buah Pisang. (Foto: klikdoktercom)

RADARBANGSA.COM - Makanan kaya serat sangat penting untuk pencernaan. Selain untuk menjaga kesehatan perncernaan, buah yang mengandung banyak serat juga bagus untuk melancarkan buang air besar (BAB).

Beberapa buah baik dikonsumsi untuk pencernaan karena kaya serat. Berikut jenih buah yang kaya serat dikutip dari hellosehat.com, antara lain:

1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang unik karena tidak hanya tinggi karbohidrat dan serat, tapi juga lemak. Satu buah alpukat ukuran sedang seberat 100 gram mengandung 6,7 gram serat yang setara dengan 20 – 28% kebutuhan harian orang dewasa.

2. Pir

Ada banyak sekali manfaat buah pir bagi kesehatan, salah satunya yaitu membantu mencukupi kebutuhan serat harian. Selain itu, buah bernama latin Pyrus communis ini juga mengandung vitamin B kompleks, kalium, natrium, dan protein dalam jumlah kecil.

3. Pisang

Buah pisang memang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 3,1 gram serat. Jumlah ini dapat mencukupi 9 – 11% kebutuhan serat harian orang dewasa.

Tags : Buah , Kesehatan , Pencernaan , Alpukat , Pisang , Pir

Foto Terkait