5 Alasan Kenapa Harus Mematikan Lampu Sebelum Tidur

| Senin, 13/03/2023 18:22 WIB
5 Alasan Kenapa Harus Mematikan Lampu Sebelum Tidur Lampu Tidur

RADARBANGSA.COM - Apa kalian masing sering tertidur dengan lampu menyala ? Diperkirakan hampir setengah dari semua orang dewasa tidur dengan lampu menyala.

Kalian mungkin pernah tertidur saat menonton TV, lupa mematikan lampu karena terlalu lelah, atau tertidur saat mengerjakan laptop. Apa pun alasannya, kalian harus menyadari bahwa tidur dengan lampu menyala adalah kebiasaan buruk yang harus segera dhentikan. 

Melansir Wellcare, berikut adalah lima alasan mengapa kalian tidak boleh tidur dengan lampu menyala.

 

1. Menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Pada malam hari, kelenjar pineal (epiphysis cerebri)—kelenjar endokrin di otak —

menghasilkan hormon yang disebut melatonin. Melatonin penting karena mengatur serta menyinkronkan ritme sirkadian tubuh kalian, yang lebih dikenal sebagai siklus tidur-bangun normal kalian. Hormon ini juga bertanggung jawab untuk fungsi vital tubuh lainnya seperti mengatur tekanan darah, reproduksi, dan mencegah peradangan.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan lampu menyala mengganggu produksi melatonin tubuh. Joshua Gooley dari Harvard Medical Schiil mempelajari 116 sukarelawan, berusia 18 hingga 30 tahun, dan memaparkan mereka pada cahaya ruangan dan cahaya redup selama delapan jam sebelum tidur selama lima hari berturut-turut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar jelas mempersingkat produksi melatonin rata-rata 90 menit. Itu juga mengungkapkan bahwa paparan cahaya sementara memotong melatonin lebih dari 50 persen.

 

2. Meningkatkan tekanan darah.

Melatonin juga mengatur tekanan darah, maka dari itu penurunan melatonin yang disebabkan oleh paparan cahaya yang tidak perlu saat tidur dapat meningkatkan tekanan darah kalian.

Penelitian yang dilakukan oleh Chronobiology International menetapkan bahwa orang yang terpapar cahaya berlebihan di malam hari memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi daripada orang yang tidur dalam kegelapan.

 

3. Ini memicu migrain.

Apakah kalian suka menggunakan gadget sebelum tidur atau menonton TV di tempat tidur? Jika demikian, kalian harus segera menghentikannya. Barang elektronik seperti smartphone, laptop, tablet, dan televisi memancarkan cahaya biru yang bisa memicu migrain.

Cahaya biru menyebabkan stres oksidatif, yang secara sederhana berarti kemampuan tubuh Anda untuk mengeluarkan racun sangat terhambat. Ini menyebabkan migrain, ketegangan mata, dan dalam skenario terburuk, bahkan kebutaan.

Hal lain yang dapat memperburuk migrain adalah kurang tidur. Seperti yang disebutkan sebelumnya, terlalu banyak terpapar cahaya di malam hari mengganggu siklus tidur-bangun alami kalian , yang membuat Anda bangun lebih awal dari yang kalian inginkan, sehingga menyebabkan sakit kepala parah.

 

4. Ini meningkatkan kemungkinan insomnia.

Dari semua yang telah disebutkan, tidak diragukan lagi bahwa tidur dengan lampu menyala berdampak buruk bagi kesehatan kalian. Seiring waktu, masalah yang muncul akibat paparan cahaya di malam hari dapat berubah menjadi gangguan tidur seperti insomnia.

Begini caranya. Ketika tubuh kalian memiliki melatonin rendah, kualitas tidur akan terganggu. kalian tidak merasa cukup istirahat karena terbangun di tengah malam, tidak hanya sekali tetapi berkali-kali. Kurang istirahat juga menyebabkan terkena migrain begitu bangun di pagi hari. Cepat atau lambat, pola seperti ini akan berkembang menjadi insomnia.

 

5.Mengarah pada depresi.

Ketika kalian tidak tidur cukup lama, bukan hanya kondisi fisik kalian yang menderita, tetapi juga kondisi mental. Beberapa penelitian telah membuktikan korelasi langsung antara insomnia dan depresi, dan bagian terburuknya adalah seringkali ini merupakan lingkaran setan.

Ketika kalian mengalami insomnia, tentu kalian merasa tidak enak badan secara emosional, sehingga akan berakhir dengan depresi. Pada gilirannya, depresi ini membuat kalian lebih sulit untuk tertidur dan memperburuk insomnia yang sudah ada.

Tags : lampu tidur , sebelum tidur

Foto Terkait