Penting! Ini Tips Agar Ginjal Selalu Sehat

| Senin, 03/04/2023 22:05 WIB
Penting! Ini Tips Agar Ginjal Selalu Sehat Ilustrasi ginjal. (Foto: halodoc)

RADARBANGSA.COM - Menjaga kesehatan ginjal sangat penting bagi tubuh. Kesehatan ginjal harus terus dijaga agar tidak sampai kena gagal ginjal.

Kesehatan ginjal sangat penting dijaga mengingat fungsinya yang begitu vital. Ginjal di antaranya memiliki fungsi membuang sisa metabolisme, racun, dan garam dari dalam tubuh.

Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh Anda. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Ginjal Anda juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh Anda menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Dengan menjaga kesehatan ginjal Anda, tubuh Anda akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan ginjal Anda:

1. Perbanyak minum air putih

Seperti dilansir dari Healthline, minum 8 gelas sehari terdengar klise namun sebenarnya penting untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Asupan air yang cukup juga dapat membantu ginjal tetap dalam kondisi sehat.

Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal Anda. Ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

Usahakan setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari. Persis berapa banyak air yang Anda butuhkan tergantung pada kesehatan dan gaya hidup. Faktor-faktor seperti iklim, olahraga, jenis kelamin, kesehatan secara keseluruhan, dan apakah Anda sedang hamil atau menyusui penting untuk dipertimbangkan saat merencanakan asupan air harian Anda.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Selain itu, juga dapat mengurangi tekanan darah Anda dan meningkatkan kesehatan jantung Anda, yang keduanya penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Anda tidak harus berlari maraton untuk menuai hasil dari olahraga. Berjalan, berlari , bersepeda, dan bahkan menari sangat bagus untuk kesehatan Anda. Temukan aktivitas yang membuat Anda sibuk dan bersenang-senang. Akan lebih mudah untuk melakukannya dan mendapatkan hasil yang bagus.

3. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan jumlah gula yang sangat tinggi dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda.

4. Stop Merokok

Merokok merusak pembuluh darah tubuh Anda. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh Anda dan ke ginjal Anda.

Merokok juga menempatkan ginjal Anda pada peningkatan risiko kanker. Jika Anda berhenti merokok, risiko Anda akan turun.

5. Pantau berat badan dan makan makanan yang sehat

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjal. Ini termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Diet sehat yang rendah sodium, daging olahan, dan makanan lain yang merusak ginjal dapat membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal. Fokus pada makan bahan-bahan segar yang secara alami rendah sodium, seperti kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan banyak lagi.

Tags : Kesehatan , Ginjal , Olahraga , Minum , Tubuh