Indonesia Luncurkan Halal Vending Machine di Jepang

| Rabu, 14/06/2023 14:33 WIB
Indonesia Luncurkan Halal Vending Machine di Jepang Indonesia Halal Vending Machine di Jepang

RADARBANGSA.COM - Pemerintah meluncurkan Indonesia Halal Vending Machine di Negeri Sakura. 

Indonesia Halal Vending Machine menjadi mesin penjual otomatis pertama di Jepang, bahkan di dunia, yang mempromosikan produk- produk eksklusif dari satu negara. Seperti yang lainnya, mesin ini adalah penjual otomatis yang khusus menjual produk makanan dan minuman (mamin) halal produksi Indonesia. 

Indonesia Halal Vending Machine diluncurkan pada Senin 12 Juni 2023 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang. Mesin tersebut sementara ini dioperasikan di lingkungan KBRI Tokyo, Jepang. Peluncuran Indonesia Halal Vending Machine ini merupakan hasil kolaborasi KBRI Tokyo, Kementerian Perdagangan RI, Bank Indonesia, Bank BNI, Garuda Indonesia, Pertamina, dan ASEAN Japan Centre.
Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Didi Sumedi yang turut menghadiri peluncuran tersebut mengatakan, upaya memperkenalkan makanan dan minuman halal Indonesia melalui vending machine menjadi terobosan dalam promosi produk-produk halal buatan Tanah Air.

“Vending machine untuk memasarkan produk makanan ringan dan minuman halal Indonesia di Jepang merupakan langkah inovatif, kolaboratif, dan efektif dalam peningkatan ekspor produk halal tersebut,” tambah Didi.

Menurut Didi, memperkenalkan produk mamin halal Indonesia dengan vending machine juga sejalan dengan usaha Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia pada 2024. Ekspor produk halal pun perlu terus didorong untuk semakin memantapkan perekonomian dalam negeri dalam mempersiapkan momen tersebut. Untuk itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk memopulerkan dan meningkatkan ekspor produk halal Indonesia.

“Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menjadikan Indonesia pusat halal dunia pada 2024. Sehingga, perlu diambil langkah untuk mendorong ekspor produk halal Indonesia dalam upaya meningkatkan ketahanan perekonomian nasional. Saat ini, langkah tersebut difokuskan pada makanan halal, modest fashion, farmasi, dan kosmetik,” kata Didi.


   
 

Tags : Vending Machine , Jepang

Foto Terkait