Ini 7 Daerah Penghasil Kopi di Sumatera, Kualitasnya Diakui Dunia

| Jum'at, 18/08/2023 22:16 WIB
Ini 7 Daerah Penghasil Kopi di Sumatera, Kualitasnya Diakui Dunia Biji Kopi. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Para penikmat kopi Indonesia tentu penasaran ingin merasakan aroma kopi lokal di Indonesia. Nah, berikut ini beberapa daerah di Pulau Sumatera terkenal dengan kualitas kopi yang diakui dunia.

Berikut daerah penghasil kopi terbaik di Sumatera, antara lain:

1. Takengon, Aceh

Sementara itu, Takengon terkenal sebagai tempat penyemaian kopi pertama di Pulau Sumatera. Kondisi geografis berupa rangkaian bukit, tanah subur, dan curah hujan yang lumayan tinggi menjadi kelebihan tersendiri bagi tanaman kopi.

Kopinya lebih dikenal dengan sebutan Kopi Gayo, kopi jenis Arabica dengan cita rasa khas yang sudah terkenal sampai ke dunia.

2. Liwa, Lampung

Provinsi Lampung adalah daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Khususnya di Liwa, Kabupaten Lampung Barat yang lantas dijadikan contoh perkebunan terbaik baik di Provinsi Lampung maupun nasional dalam hal peningkatan produksi dan mutu kopi.

Kopi yang dihasilkan adalah robusta dengan rasa beragam tergantung letak geografis dan pada akhirnya menjadi keuntungan tersendiri bagi kualitas kopi.

3. Lahat, Sumatera Selatan

Tanaman kopi hampir dapat dijumpai di seluruh area Kota Lahat, Sumatera Selatan dan menjadi sumber perekonomian penting sejak zaman dulu.

Minum kopi di kota ini pun seolah menjadi sebuah budaya, di mana warung kopi merupakan sentra untuk bertukar obrolan seputar topik yang sedang hangat dan pada akhirnya menambah kawan baru.

4. Pagar Alam, Sumatera Selatan

Salah satu pusat kopi terkenal di Pagar Alam berada di kaki Gunung Dempo. Anda akan menemukan hamparan kebun kopi di lereng dan lembahnya sepanjang mata memandang. Aroma kopi khas pun menyerbu indera penciuman di area ini. 

Menikmati kopi asli Pagar Alam, Sumatera Selatan di tengah udara sejuk tentu menambah kenikmatan tersendiri.

5. Mandailing, Sumatera Utara

Dalam sejarah kopi Indonesia, daerah yang pertama kali ditanami kopi Arabica adalah Desa Pakantan, Mandailing Natal.Tak heran bila kemudian Mandailing Natal menjadi daerah penghasil kopi Arabica yang terkenal berkualitas.

6. Sidikalang, Sumatera Utara

Sidikalang merupakan ibukota Kabupaten Dairi di barat laut Sumatera Utara. Berada di ketinggian 1.066 mdpl berpadu dengan tanah subur menjadikan Sidikalang daerah yang sangat baik untuk menanam kopi. Karena kualitasnya, kopi dari daerah ini mampu bersaing dengan kopi-kopi terbaik dunia, sebut saja Brazil.

Hal itu karena rasa kopinya yang mantap. Namun kabarnya, karena perbedaan harga jual Robusta dan Arabika yang cukup jauh membuat produktivitas kopi Robusta di daerah tersebut semakin menurun.

7. Empat Lawang, Sumatera Selatan

Empat Lawang adalah kabupaten termuda di Sumatera Selatan, hasil pemekaran Kabupaten Lahat.

Kopi pun menjadi komoditi utama daerah ini, bahkan kawo –sebutan kopi dalam bahasa daerah– menjadi lambang kabupaten tersebut dan lebih jauh dengan motif batik berlatar kopi yang dibuat oleh pemerintah daerahnya.

Tags : Kopi , Sumatera , Robusta , Arabica

Foto Terkait