Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan

| Selasa, 05/09/2023 22:25 WIB
Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan Minuman Kopi. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Minum kopi tidak hanya enak, tapi juga baik untuk kesehatan. Kopi umumnya dinikmati sebagai minuman pendamping makanan ringan, teman bekerja, begadang, dan lainnya.

Dilansir dari okezone.com, berikut manfaat kopi untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kopi (embed dengan link SKU 1) untuk kesehatan yang tak disangka-sangka adalah dapat menurunkan risiko kanker. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel hingga kematiannya.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi 1-2 cangkir kopi (embed dengan link SKU 2) per hari diketahui berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Mengutip situs Harvard School of Public Health, orang yang mengonsumsi empat cangkir kopi atau lebih per hari berpotensi menurunkan risiko stroke daripada orang yang tidak minum kopi sama sekali.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Manfaat kopi (embed dengan link SKU 3) untuk kesehatan yang selanjutnya yakni membantu mengurangi risiko penyakit parkinson. Penyakit parkinson adalah gangguan pada sistem saraf yang dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dan keseimbangan.

Dalam suatu penelitian, ditemukan bahwa mengonsumsi minuman berkafein dapat mengurangi risiko terkena penyakit parkinson. Di samping itu, kopi juga berpotensi membantu pengidap penyakit parkinson mengontrol gerakan secara lebih baik.

4. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Pasalnya, mengonsumsi dua cangkir kopi per hari dapat membantu mencegah resistensi insulin. Hal ini dipercaya sebagai khasiat dari kandungan kafein di dalamnya. Anda dapat merasakan manfaat ini secara optimal jika tidak menambahkan gula atau jenis pemanis lainnya saat mengonsumsi kopi.

Namun, ada hal yang penting untuk diingat juga, apabila Anda telah mengidap diabetes, kopi adalah salah satu minuman yang perlu dikurangi. Ini karena kafein berisiko memengaruhi kadar gula darah.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Kafein di dalam kopi memberikan berbagai efek positif terhadap otak, di antaranya membantu konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki suasana hati, hingga menurunkan risiko depresi.

Mengonsumsi kopi secara rutin dapat membantu Anda mengurangi penurunan fungsi otak. Bahkan, minuman ini juga disebut-sebut bermanfaat untuk menurunkan risiko demensia dan alzheimer.

Tags : Kopi , Kesehatan , Manfaat , Tubuh

Foto Terkait