Gus Nabil: Pendekar Pagar Nusa Harus Rajin Sowan ke Kiai

| Minggu, 28/01/2018 20:40 WIB
Gus Nabil: Pendekar Pagar Nusa Harus Rajin Sowan ke Kiai Pagar Nusa NU.

CIREBON, RADARBANGSA.COM - Pagar Nusa adalah pagarnya NU dan Bangsa Indonesia. Pagar Nusa akan selalu menjadi pagar yang menjadi benteng bagi Nahdlatul Ulama, bagi para kiai, dan untuk negara Indonesia.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa M Nabil Haroen seusai dikukuhkan oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Lapangan Puser Bumi Ciperna, Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 28 Januari 2018.

Gus Nabil, begitu akrab disapa kembali menegaskan tentang sikapnya yang akan terus membela kiai dan tidak akan mundur selangkah pun dari penjagaannya.

"Karena bagi kami, seandainya kami memiliki ribuan jurus, seandainya kami kebal bacok, itu hanya 10 persen dari kemampuan pribadi kami. Kami menyakini seyakin-yakinnya, haqul yakin, ainul yaqin bahwa 90 persen sisanya adalah energi dari para kiai, energi dari masyayikh," katanya bersemangat.

Oleh karena itu, pada acara yang diawali dengan Ijazah Kubro ini, Gus Nabil memerintahkan kepada seluruh pendekar Pagar Nusa supaya rajin sowan kepada para kiai agar energi dari para Kiai, para guru, dan para masyayikh bisa terus terjaga.

"Kalau ada pendekar Pagar Nusa yang tidak mau dan tidak pernah sowan ke kiai, silakan keluar dari Pagar Nusa," tegasnya lagi.

Gus Nabil juga mengungkapkan bahwa keberadaan Nahdlatul Ulama dan Pagar Nusa merupakan sebuah kebutuhan. Menurutnya, bukan kita yang dibutuhkan Nahdlatul Ulama dan Pagar Nusa, tapi kita yang butuh Pagar Nusa dan butuh Nahdlatul Ulama.

Tags : Pagar Nusa , Nahdlatul Ulama , Gus Nabil

Berita Terkait