Jelang Peringatan Hari Santri 2019, PBNU Ziarah ke Tebuireng

| Kamis, 17/10/2019 19:45 WIB
Jelang Peringatan Hari Santri 2019, PBNU Ziarah ke Tebuireng Ketua Umum PBNU dan rombongan ziarah di Ponpes Tebuireng, Jombang, Kamis (17/10). (Foto: screenshot NU Online)

JOMBANG, RADARBANGSA.COM - Dalam rangka menyambut Hari Santri, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj bersama rombongan berziarah ke makam sesepuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Di antaranya Almaghfurlah Hadratusy Syekh KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim, dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Rombongan PBNU berangkat pagi hari dari Pendopo Kabupaten Jombang setelah sarapan bareng.

“Kita ziarah ke makam dulu,” kata Kiai Said saat baru tiba di Pesantren Tebuireng, Kamis, 17 Oktober 2019.

Baca Juga: Hari Santri 2019, Nahdliyin Baca Shalawat Nariyah Serentak 1 Miliar

Kiai Said didampingi Sekretaris Jenderal PBNU Ahmad Helmy Faishal Zaini bersama Wakil Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) menuju makam. Turut mendampingi, jajaran pengurus harian Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang serta sejumlah ketua lembaga NU Jombang.

Dilansir dari nu.or.id, Kiai Said memimpin langsung tahlil dan pembacaan surat Yasin serta Al-Mulk secara bersama-sama. Pembacaan tahlil tampak dibacakan Kiai Said dengan khidmat hingga rampung.

Kiai Said menyampaikan, ziarah penting dilakukan untuk menyambung hubungan antara manusia yang masih hidup dengan yang sudah wafat. Terlebih warga NU harus terus melestarikan budaya ini.

“Ziarah ini adalah menjaga hubungan antara kita yang masih belum selesai dengan urusan dunia dengan kiai-kiai yang sudah terlepas atau putus dari urusan dunia,” ujarnya.

Baca Juga: Meriahkan Hari Santri 2019, Kota Semarang Siapkan Sejumlah Kegiatan

Ketua PBNU dua periode ini berharap, warga NU bisa mengambil pelajaran dari perjuangan kiai-kiai NU yang telah kembali ke Rahmatullah. “Kita di sini semoga bisa mengambil ibrah, perjuangan beliau,” tandasnya.

Usai berziarah dan ramah tamah, rombongan bergeser ke makam Almaghfurlah KH Abdul Wahab Chasbullah. Selanjutnya ke makam KH Bisri Syansuri, dan berakhir di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang.

Tags : Hari Santri 2019 , PBNU , Kiai Said , Ziarah

Berita Terkait