Beda Salat Malam dan Salat Tahajud

| Kamis, 28/01/2021 14:59 WIB
Beda Salat Malam dan Salat Tahajud Salat Malam (doc.islam.nu.or.id)

RADARBANGSA.COM - Salat malam merupakan salat yang paling utama setelah salat fardu maktubah (lima waktu). Begitu banyak keistimewaan salat malam, salah satunya, jika seseorang muslim meminta kepada Allah SWT pada malam hari, pasti Allah akan memberikannya. Begitu banyak jenis salat malam, termasuk tahajud didalamnya. Berikut perbedaan salat malam dan tahajud,

Mengutip NU Online, salat tahajud adalah bagian dari banyaknya salat malam. Sedangkan salat malam tidak hanya salat tahajud saja. Salat tahajud adalah salat sunnah pada malam hari yang sebelumnya harus didahului oleh tidur. Banyaknya jumlah rakaat pelaksanaan salat tahajud juga tidak terbatas.

Keterangan Syekh M Nawawi Albanteni terkait salat malam dan salat tahajud,

‎والنفل المطلق بالليل أفضل منه بالنهار ومن النفل المطلق قيام الليل وإذا كان بعد نوم ولو في وقت المغرب وبعد فعل العشاء تقديما يسمى تهجدا

Artinya, “Salat sunnah mutlak di malam hari lebih utama daripada salat sunnah mutlak di siang hari. Salah satu salat sunnah mutlak adalah salat qiyamul lail. Bila qiyamul lail dilakukan setelah tidur, sekalipun hanya tidur di waktu maghrib atau setelah salat Isya yang ditaqdim dengan maghrib, maka salat malam itu disebut tahajud,” (Lihat Syekh Nawawi Albanteni, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah: 2002 M/1422 H], halaman 113).

Beberapa salat malam yang bisa dilakukan seperti salat tarawih, salat witir, salat hajad, salat rawatib dan salat muthlaq. Salat sunnah (muthlaq) yang dilakukan pada malam hari juga bisa disebut salat tahajud apabila dilakukan setelah tidur malam.

Salat tahajud sendiri lebih khusus dibandingkan dengan salat malam. Salat tahajud dipastikan sebagai salat malam, sebaliknya salat malam belum tentu salat tahajud.

Tags : Salat Malam , Tahajud

Berita Terkait