Berpuasa Sunnah di Hari Kamis

| Selasa, 02/02/2021 14:35 WIB
Berpuasa Sunnah di Hari Kamis puasa (sumber: harapanrakyat.com)

RADARBANGSA.COM - Hari Kamis merupakan salah satu hati istimewa yang dipilih oleh Rasulullah SAW sebagai salah satu hari baik dalam sepekan untuk melaksanakan ibadah puasa sunnah.

Rasulullah SAW memilih hari Senin dan Kamis untuk melaksanakan ibadah puasa. Pada hari Senin yang bertepatan juga dengan hari lahir Rasulullah. Selain alasan tersebut, sebenarnya Rasulullah melaksanakan puasa pada hari Senin dan Kamis karena pada hari itu segala amal Rasulullah diperlihatkan Allah SWT.

Mengutip NU Online, segala bentuk aktivitas kita diantarkan malaikat di hadirat Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, para nabi, ayah dan juga ibu kita yang terlebih dahulu wafat.

Seperti kutipan hadis oleh Syekh Abu Zakariya Al-Anshori berikut ini dalam karyanya Fathul Wahhab,

‎وقال تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم رواهما الترمذي وغيره

Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” HR Turmudzi dan selainnya.

Syekh Bujairimi masih dalam kitabnya memberi keterangan tambahan,

‎ فائدة: تعرض الأعمال على الله تعالى يوم الاثنين والخميس، وعلى الأنبياء والآباء والأمهات يوم الجمعة، وعلى النبي صلى الله عليه وسلم سائر الأيام اهـ ثعالبي

Pemberitahuan: amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah SWT pada hari Senin dan hari Kamis. Di hadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada hari Jum’at. Sementara di hadapan Rasulullah, amal seseorang diperlihatkan setiap hari. Dikutip dari Tsa’alabi.

Rasulullah melaksanakan puasa pada hari Kamis karena pada hari tersebut amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah SWT. Berpuasa pada hari senin kamis membantu kita menjaga perilaku dan menambah pahala berpuasa.

Tags : Puasa , kamis , Rasulullah