Bukti Seseorang Mencintai Nabi Muhammad SAW

| Rabu, 03/02/2021 17:34 WIB
Bukti Seseorang Mencintai Nabi Muhammad SAW istimewa

RADARBANGSA.COM - Seluruh umat Islam pasti mencintai Nabi Muhammad SAW, karena mencintai Nabi Muhammad SAW hukumnya wajib atas setiap mukallaf (baligh dan berakal). Allah ta’ala berfirman dalam Alquran:

 

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (آل عمران: ٣١)

Artinya: “Katakanlah (wahai Muhammad), “Jika kalian mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Ali ‘Imran: 31).

Mengutip NU Online, terdapat enam tanda seseorang benar-benar mencintai Nabi Muhammad SAW menurut buku Hadratussyekh Hasyim Asy’ari: Moderasi, Keumatan, dan Kebangsaan. 

Pertama, mengamalkan sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sunnah adalah apa yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapan Nabi Muhammad SAW. Orang yang mencintai Nabi Muhammad SAW adalah orang yang melakukan hal yang diperintahkan nabi dan menjauhi hal yang dilarang oleh nabi.

Kedua, banyak mengingat Nabi Muhammad SAW dengan membaca salawat. Terdapat sebuah ungkapan bahwa siapa yang mencintai sesuatu, maka dia akan banyak menyebutnya (man ahabba syai’an fakatsuro dzikruhu). 

Ketiga, mencintai orang yang dicintai Nabi Muhammad SAW. Cinta dan kasih sayang Nabi Muhammad kepada keluarga, sahabat, dan umatnya sangat besar. Sudah sewajarnya orang yang benar mencintai nabi adalah mereka yang mencintai siapapun yang dicintai nabi. 

Keempat, menjauhi hal yang dilarang Allah seperti membunuh, menyakiti makhluk Allah, dan perbuatan yang dilarang lainnya.

Kelima, membaca dan mengamalkan Alquran sebagai pedoman utama umat Islam. Selain sebagai doa agar selamat dunia akhirat juga menjadikan Alquran sebagai sumber etika.

Keenam, mencintai sesama umat manusia. Sesama umat manusia adalah saudara, maka sudah sepantasnya manusia satu dengan yang lainnya saling mengasihi dan mencintai, bukan saling membenci karena perbedaan-perbedaan yang ada. Nabi Muhammad saw. mengekspresikan cinta dan sayangnya kepada sesama dengan mewujudkan kemaslahatan dan menghilangkan bahaya. 

 

Tags : Cinta , Rasulullah

Berita Terkait