Dalil Tentang Tahlilan

| Jum'at, 19/02/2021 18:01 WIB
Dalil Tentang Tahlilan Masyarakat Donggala mengikuti tahlil dan istighotsah bersama NU Peduli usai shalat Jumat (12/10). (Foto: NU Online)

RADARBANGSA.COM - Tahlilan termasuk tradisi yang sering dilakukan oleh umat islam rutin setiap malam jumat dan malam-malam tertentu, seperti selama 7 hari dari meninggalnya seseorang, kemudian hari ke 40, 100, dan pada hari ke 1000 nya. Tahlilan sudah menjadi tradisi dalam Islam dengan cara membaca kalimat dan doa- doa tertentu yang diambil dari ayat Alquran, dengan harapan pahalanya dihadiahkan untuk orang yang meninggal dunia.

Bacaan ayat-ayat Alquran yang dihadiahkan untuk mayit menurut pendapat mayoritas ulama boleh dan pahalanya bisa sampai kepada mayit tersebut. Berdasarkan dalil-dalil berikut ini, diantaranya hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan lainnya:

عَنْ سَيِّدِنَا مَعْقَلْ بِنْ يَسَارْ رَضِيَ الله عَنْهُ اَنَّ رَسُولَ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ : يس قَلْبُ اْلقُرْانْ لاَ يَقرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللهَ وَالدَّارَ اْلاَخِرَة اِلاَّ غَفَرَ اللهُ لَهُ اِقْرَؤُهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ )رَوَاهُ اَبُوْ دَاوُدْ, اِبْنُ مَاجَهْ, اَلنِّسَائِى, اَحْمَدْ, اَلْحَكِيْم, اَلْبَغَوِىْ, اِبْنُ اَبِىْ شَيْبَةْ, اَلطَّبْرَانِىْ, اَلْبَيْهَقِىْ, وَابْنُ حِبَانْ

"Dari sahabat Ma’qal bin Yasar RA. bahwa Rasulallah SAW. Bersabda : surat Yasin adalah pokok dari Alquran, tidak dibaca oleh seseorang yang mengharap rida Allah kecuali diampuni dosa-dosanya. Bacakanlah surat Yasin kepada orang-orang yang meninggal dunia di antara kalian." (H.R. Abu Dawud, dll)

Beberapa ulama juga berpendapat mengenai tahlilan, seperti Imam Syafi’i yang mengatakan:

وَيُسْتَحَبُّ اَنْ يُقرَاءَ عِندَهُ شيْئٌ مِنَ اْلقرْأن ,وَاِنْ خَتمُوْا اْلقرْأن عِنْدَهُ كَانَ حَسَنًا

"Bahwa, disunahkan membacakan ayat-ayat Alquran kepada mayit, dan jika sampai khatam Alquran maka akan lebih baik. Bahkan Imam Nawawi dalam kitab Majmu’-nya menerangkan bahwa tidak hanya tahlil dan doa, tetapi juga disunahkan bagi orang yang ziarah kubur untuk membaca ayat-ayat Alquran lalu setelahnya diiringi berdoa untuk mayit."

Begitu juga Imam al-Qurthubi memberikan penjelasan bahwa, dalil yang dijadikan acuan oleh ulama kita tentang sampainya pahala kepada mayit adalah bahwa, Rasulallah SAW pernah membelah pelepah kurma untuk ditancapkan di atas kubur dua sahabatnya sembari bersabda “Semoga ini dapat meringankan keduanya di alam kubur sebelum pelepah ini menjadi kering”. Imam al-Qurtubi kemudian berpendapat, jika pelepah kurma saja dapat meringankan beban si mayit, lalu bagaimanakah dengan bacaan-bacaan Alquran dari sanak saudara dan teman-temannya Tentu saja bacaan-bacaan Alquran akan lebih bermanfaat bagi si mayit.

Abul Walid Ibnu Rusyd juga mengatakan:

وَاِن قرَأَ الرَّجُلُ وَاَهْدَى ثوَابَ قِرَأتِهِ لِلْمَيِّتِ جَازَ ذالِكَ وَحَصَلَ لِلْمَيِّتِ اَجْرُهُ

"Seseorang yang membaca ayat Alquran dan menghadiahkan pahalanya kepada mayit, maka pahala tersebut bisa sampai kepada mayit tersebut."

Tags : dalil , tahlil

Berita Terkait