Tata Cara Salat Sunah Gerhana Matahari

| Kamis, 03/06/2021 17:51 WIB
Tata Cara Salat Sunah Gerhana Matahari salat gerhana matahari (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Fenomena gerhana matahari akan berlangsung pada hari Kamis, 10 Juni 2021 mendatang. Wilayah gerhana meliputi belahan Bumi bagian utara terutama kawasan lingkar kutub. Walaupun fenomena ini tidak bisa disaksikan langsung di Indonesia, umat Islam tetap dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah gerhana. 

Mengutip nu online, menyikapi fenomena gerhana matahari yang dalam bahasa Arab dinamakan kusufus syamsi ini, umat Islam disunahkan melaksanakan salat sunah dua rakaat. Salat gerhana matahari dilakukan saat gerhana sedang terjadi dengan memastikannya terlebih dahulu.

Gerhana matahari jika disesuaikan dengan waktu di Indonesia bagian barat, waktu gerhana matahari cincin 10 Juni 2021, mendatang akan dimulai pada pukul 15:12:20 WIB hingga selesai pukul 20:11:19 WIB. Fase puncak gerhana akan terjadi pada pukul 17:41:54 WIB. 

Adapun salat gerhana yang dilakukan sebanyak dua rakaat tanpa azan dan ikamah, kurang lebih sama dengan pelaksanaan salat gerhana bulan. Berikut ini adalah panduannya: 

1. Melakukan salat gerhana matahari dengan lafal niat:

أُصَلِّيْ سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْسِ اِمَامًا / مَأْمُوْمًا لِلّهِ تَعَالَى

2. Setiap rakaat terdiri dari dua kali ruku dan dua kali sujud.

3. Setelah ruku pertama dari setiap rakaat membaca Al-Fatihah dan surat Alquran.

4. Ruku yang pertama dalam rakaat pertama lebih panjang dari yang kedua.

5. Pada rakaat pertama, bacaan surat pertama lebih panjang dari bacaan surat kedua. Demikian pula pada rakaat kedua, bacaan surat pertama lebih panjang daripada surat kedua.

6. Bacaan surat dalam salat sunah gerhana matahari boleh dipelankan atau boleh juga dikeraskan. Tetapi disunahkan pelan.

8. Setelah salat, disunahkan untuk melanjutkan dengan dua khutbah

9.Jika salat sunah gerhana matahari dilakukan sendirian, tidak perlu ada khutbah. Begitu juga jika semua jamaahnya adalah perempuan.

 

 

Tags : Salat , Sunah , Gerhana Matahari

Berita Terkait