Niat dan Cara Pelaksanaan Salat Taubat

| Selasa, 03/08/2021 13:13 WIB
Niat dan Cara Pelaksanaan Salat Taubat salat dhuha (sumber : Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Taubat merupakan salah satu kewajiban bagi orang yang lalai dan melanggar perintah Allah SWT. Menunda bertobat dari kesalahan merupakan sebuah dosa yang harus ditobati. Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:  

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ  

Artinya: “Setiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertaubat.” (HR. Ibnu Majah; lihat Ibnu Hajar Al-Asqalani, Bulûghul Marâm, [Semarang: Usaha Keluarga], tt., hal. 302)

Ulama mengajarkan agar seseorang yang ingin bertobat atas sebuah kelalaian yang ia perbuat untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat yang disebut juga dengan salat taubat.

Ajaran para ulama ini didasarkan pada sebuah hadis Nabi—di antaranya diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi—dari sahabat Ali bin Abi Thalib, dari sahabat Abu Bakar As-Sidiq bahwa Rasulullah bersabda:  

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ لَهُ

Artinya: “Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristigfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya.”  

Syekh Nawawi Banten dalam kitab Nihâyatuz Zain menuturkan perihal salat taubat sebagai berikut:  

وَمِنْه صَلَاة التَّوْبَة وَهِي رَكْعَتَانِ قبل التَّوْبَة يَنْوِي بهما سنة التَّوْبَة

Artinya: “Termasuk salat sunah adalah salat taubat, yakni shalat dua rakaat sebelum bertobat dengan niat salat sunah taubat.”

Dari penjelasan Syekh Nawawi di atas dapat disimpulkan bahwa shalat taubat merupakan shalat sunnah yang terdiri dari dua rakaat dan dilakukan sebelum seseorang bertaubat kepada Allah atas dosa yang telah dilakukan.   

Pelaksanaan salat taubat tidak berbeda dengan pelaksanaan salat pada umumnya. Adapun niat salat taubat adalah:

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ

Ushallî sunnatat taubati (saya berniat salat sunah taubat).”  

Setelah selesai salat dua rakaat kemudian dilanjutkan bertaubat dengan membaca istigfar yang disertai dengan penyesalan dan keinginan kuat untuk menjauhkan diri dari perilaku dosa dan tidak akan mengulanginya lagi.

 

 

 

Tags : Salat Taubat , Tobat

Berita Terkait