Sejarah Batagor, Makanan Terenak di Dunia versi TasteAtlas

| Kamis, 21/12/2023 21:27 WIB
Sejarah Batagor, Makanan Terenak di Dunia versi TasteAtlas Batagor Bandung. (Foto: Pariwisata Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Siapa sih yang tidak kenal Batagor? Makanan khas Bandung yang banyak digemari masyarakat Indonesia. ternyata, kenikmatan Batagor juga diakui oleh negara lain selain Indonesia. Wow!

Pasalnya, hidangan ini berhasil menduduki peringkat pertama sebagai camilan terenak di dunia versi TasteAtlas. Batagor mendapatkan poin 4.6 mengalahkan Kepta Duona dari Lithuania, Guotie dari China, bahkan juga roti canai dari negara tetangga, Malaysia.

Dikatakan dalam laman TasteAtlas, yang dikutip dari okezone, batagor merupakan salah satu jajanan paling terkenal di Indonesia, pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional. Anda setuju?

Hidangan ini berakar pada tradisi kuliner Tiongkok, yang telah meninggalkan jejak di banyak masakan Indonesia. Meski jajanan terkenal ini mengingatkan pada pangsit Cina, namun ciri khasnya adalah digoreng, bukan dikukus.

Ikan yang paling umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah ikan tenggiri, mackerel, dan udang juga bisa digunakan. Kentang, tahu, atau kubis juga kadang-kadang ditambahkan sebagai makanna pelengkap ke dalam hidangan.

Batagor menjadi jajanan yang cocok karena cara penyajiannya. Saat digoreng, siomay dipotong kecil-kecil dan diguyur dengan saus kacang, kecap, dan sambal dengan sedikit perasan jeruk nipis.

Hidangan ini ditemukan pada tahun 1980-an di Bandung, namun saat ini dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Karena proses penyajiannya yang cepat, biasanya dijual di pedagang kaki lima, tetapi juga bisa ditemukan di banyak restoran Indonesia.

Tags : Batagor , Makanan , Bandung , TasteAtlas , Indonesia

Berita Terkait