Dari Senam Hingga Konvoi, Ribuan Santri Ramaikan Peringatan Hari Santri Nasional

| Minggu, 22/10/2017 17:40 WIB
Dari Senam Hingga Konvoi, Ribuan Santri Ramaikan Peringatan Hari Santri Nasional Ilustrasi Santri Konvoi (foto: nu.or.id)

LAMPUNG TIMUR, RADARBANGSA.COM - Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Lampung Timur, Provinsi Lampung mengikuti senam Islam Nusantara. Senam tersebut merupakan salah satu rangkaian acara memperingati Hari Santri Nasional 2017 yang jatuh pada hari Minggu, 22 Oktober 2017.

Para peserta bersenam dengan diiringi Asmaul Husna dan Sholawat Badar. Menurut Misbad sebagai pemandu senam bahwa, iringan lagu tersebut diharapkan agar para peserta senam dapat menghafal Asmaul Husna dan membiasakan diri melantunkan sholawat badar.

"Maksudnya santri diajarkan menghafal Asmaul Husna dan membiasakan bersholawat Badar," ujarnya, dilansir antarannews.com, 22 Oktober 2017.

Sementara di Kabupaten Garut, Jawa Barat, ribuan santri dari berbagai pondok pesantren melakukan konvoi dengan mengelilingi ruas jalan lalu berkumpul di alun-alun Garut.

Selain santri, para kiai dan ustad juga mengikuti konvoi tersebut. Seperti Kiai dari Pondok Pesantren Majalaya, Umar bin Husein. Dalam orasinya, ia mengajak para santri agar memperjuangkan dan mempertahankan NKRI. "Dalam memperjuangkan NKRI bukan basa basi," tukasnya.

Sementara Rais Syuriah PCNU Kabupaten Garut, Amin Muhyidin Maulani mengatakan, konvoi terebut bertujuan untuk menyantrikan masyarakat dan memasyarakatkan santri. "Program ini sebagai upaya kami untuk menyantrikan masyarakat dan memasyarakatkan santri," ujarnya.

Tags : Hari Santri Nasional

Berita Terkait