Empat Menteri Tandatangani SKB Program Padat Karya

| Rabu, 20/12/2017 20:21 WIB
Empat Menteri Tandatangani SKB Program Padat Karya Empat Menteri Tandatangani SKS Program Padat Karya (foto: Kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani berharap pendatangan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri kabinet kerja dapat menyelaraskan program desa.

“Kami berharap dengan penandatangan SKB 4 menteri ini berbagai kebijakan percepatan implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa bisa dilakukan secara selaras antar kementerian/lembaga,” ujar Puan Maharani di Jakara, Rabu 20 Desember 2017.

Diketahui empat menteri yang mendatangi SKB program padat karya adalah Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putra Sandjojo, Menteri Keuangan Stri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

SKB empat menteri tersebut nantinya akan menjadi payung hukum dalam pelaksanaan program padat karya cash. Menurut Puan, kualifikasi desa yang menjadi sasaran dari program tersebut adalah desa tertinggal dan sangat tertinggal.

"Kami telah mendapatkan data dari Bappenas untuk menentukan 1.000 desa yang menjadi sasaran dari program padat karya cash,” tambah Puan.

Menurut Menteri Eko Sandjojo, ada beberapa hasil pembangunan yang tidak secara langsung terkait dengan laju roda perekonomian di kawasan perdesaan seperti sarana air bersih dan pembangunan sarana PAUD.

Sementara kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, pencarian dana desa diharapkan dapat dicaikan pada awal tahun 2018, “Dengan kian awalnya pencairan dana desa ini diharapkan proses pembangunan bisa dilaksanakan mulai awal tahun,” ujarnya.

Tags : SKB Padat Karya

Berita Terkait