Wow! Pasangan Lukman Edy-Hardianto Juarai Hasil Survei INES

| Senin, 12/02/2018 19:05 WIB
Wow! Pasangan Lukman Edy-Hardianto Juarai Hasil Survei INES Cagub dan Cawagub Riau, Lukman Edy dan Hardianto (dok PKB Riau)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau Zaman Now, Lukman Edy - Hardianto kembali memperoleh sentiment positif dari masyarakat disbanding dengan cagub-cawagub yang lain. Kali ini, Indonesia Network Election Survey (INES) merilis laporan survei yang digelar pada 7 Februari 2018 dan menyebut pasangan Lukman Edy-Hardianto sangat dominan dikenal oleh masyarakat Riau.

Untuk tingkat popularitas, pasangan Lukman Edy-Hardianto meraup dukungan 72,9 persen, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno mencapai 72,1 persen, Firdaus-Rusli Effendi 71,5 persen, dan Syamsuar-Edy Nasution 72,4 persen.

Sedangkan untuk tingkat akseptabilitas, pasangan Lukman Edy mampu meraup dukungan sebanyak 69,3 persen, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno 61,2 persen, Firdaus-Rusli Effendi 63,4 persen, dan Syamsuar-Edy Nasution 65,8 persen

Sementara untuk tingkat kapabilitas, pasangan Lukman Edy-Hardianto kembali mengungguli pasangan lainnya dengan 69,3 persen voters, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno 61,2 persen, Firdaus-Rusli Effendi 63,4 persen, dan Syamsuar-Edy Nasution 65,8 persen.

Survey ini semakin menarik lantaran juga menyuguhkan pertanyaan on the spot kepada responden. Ketika responden diminta menjawan pasangan calon gubernur-wakil gubernur tanpa menyebut nama pasangan dan menunjukan gambar pasangan, 14,4 persen diantaranya memilih Lukman Edy-Hardianto, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno 9,1 persen, Firdaus-Rusli Effendi 8,8 persen, dan Syamsuar-Edy Nasution 10,3 persen.

Bahkan untuk pertanyaan pasangan calon gubernur-wakil gubernur tanpa menyebut nama pasangan dan menunjukan gambar pasangan pada kuisioner, jika Pilkada digelar hari ini, sebanyak 29,7 persen responden kompak memilih pasangan Lukman Edy-Hardianto, unggul dari pasangan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno sebesar 18,2 persen, Firdaus-Rusli Effendi 17,2 persen, dan Syamsuar-Edy Nasution 21,3 persen. Sedangkan tidak memilih sebesar 13,6 persen.

Dari data yang beredar ini juga disebutkan preferensi publik Riau atas pasangan calon sangat mungkin berubah jika tahap sosialisasi program-program nantinya digencarkan para calon kepala daerah.

Artinya, bisa saja aspek rasional mengecil dan aspek primordial membesar. Demikian pula soal elektabilitas petahana. Preferensi responden terhadap calon petahana ternyata tidak terlalu besar dalam jajak ini.

Berbeda dengan perkiraan kuatnya posisi petahana, hanya sepertiga bagian responden (18,2 persen) yang menjawab akan memilih kepala daerah mereka yang mencalonkan diri kembali pada Pilkada 2018.

Untuk diketahui, pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Riau, partai pengusung Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno didukung PDIP, Golkar, Hanura. Firdaus-Rusli Effendi didukung Demokrat dan PPP. Lukman Edy-Hardianto didukung PKB- Gerindra. Syamsuar-Edy Nasution didukung Nasdem, PAN, dan PKS.

Tags : Lukman Edy , Pilgubri , PKB

Berita Terkait