Riau Produsen Asap, Lukman Edy: Manajemen Pemprov Buruk

| Jum'at, 27/04/2018 21:19 WIB
Riau Produsen Asap, Lukman Edy: Manajemen Pemprov Buruk Cagub-Cawagub Riau Zaman Now, Lukman Edy - Hardianto (courtesy of tvone)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Provinsi Riau menjadi salah satu produsen asap pada saat musim kemarau. Bahkan pada 2015 yang lalu, BMKG menyebut kabut asap yang terjadi di Riau saat itu merupakan bencana terparah dan terpanjang yang pernah ada.

Menjawab persoalan itu, Cagub Riau nomor urut 2, Lukman Edy menyatakan problem tersebut terjadi karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tidak proaktif mengantisipasi dan mencegahnya lantaran tidak memiliki manajemen bencana yang tertata.

“Manajemen pengelolaan lahan di Riau saat ini tidak baik, kalau baik pasti Riau bisa lepas dari produsen asap,” tegas Lukman saat debat kandidat Cagub-Cawagub Riau di Pekanbaru, Jumat 27 April 2018.

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini menambahkan, pemerintah Riau selama ini juga mengabaikan peran penting masyarakat untuk proaktif menanggulanginya.

“Selama ini pemerintah Riau mengabaikannya, tidak ada koordinasi sama sekali dengan masyarakat,” ungkap Lukman.

Lukman menambahkan, problem tersebut semakin sulit diatasi lantaran Pemprov hingga kini belum memiliki konsep Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

”Riau ini satu-satunya Provinsi yang belum punya konsep RTRW di Indonesia,” ujar Lukman.

Sementara Cawagub Lukman, Hardianto menambahkan regulasi penanggulangan asap di Riau harus dioptimalkan.

“Regulasi di Riau juga harus dimantapkan, beberapa saat lagi teman-teman DPRD akan segera mensahkan Perda tentang penanggulangan asap di Riau. Itulah solusinya,” pungkas Hardianto.

Tags : Lukman Edy , Hardianto , Cagub Riau Zaman Now

Berita Terkait