Alumni Perikanan Undip Kelola Pesisir Mengajar, Karding: Ini Keren!

| Senin, 17/09/2018 17:22 WIB
Alumni Perikanan Undip Kelola Pesisir Mengajar, Karding: Ini Keren! Ketua Umum DPP Kerapu, Abdul Kadir Karding berbincang dengan sejumlah relawan Pesisir Mengajar di area penanaman bibit mangrove di Tangerang (dok @Kadir_Karding)

TANGERANG, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu), Abdul Kadir Karding mengaku bangga atas peran serta alumni Perikanan Undip dalam menumbuhkembangkan potensi pesisir sekaligus kepedulian terhadap pendidikan melalui Pesisir Mengajar.

Hal itu Karding ungkapkan ketika menghadiri gerakan penanaman ribuan pohon mangrove dan pelepasliaran ribuan ekor benih rajungan oleh ratusan penggiat lingkungan pesisir yang tergabung dalam DPD Kerapu Wilayah Jabodetabek serta puluhan aktivis Pesisir Mengajar.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin ini menilai, Pesisir Mengajar harus didukung sebagai upaya pemerataan pendidikan bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama di kawasan pesisir.

“Kita lihat data kemiskinan dan terbelakang pendidikan paling banyak terjadi di kawasan pesisir, saudara-saudara nelayan kita. Ini keren sekali, saya salut dengan teman-teman aktivis gerakan Pesisir Mengaji ini,” kata Karding di Desa Patramanggala, Tangerang, Minggu 16 September 2018.

Sementara itu, Koordinator Pesisir Mengajar Kabupaten Tangerang, Hari Mahardika menilai gerakan penanaman mangrove sejalan dengan visi dan misi Pesisir Mengajar. Menurut Hari, semakin banyak elemen yang peduli, ia optimis rehabilitasi mangrove akan semakin cepat.

"Ini langkah positif dan sangat sejalan dengan visi kami untuk mendorong pembelajaran kepada masyarakat bahwa mangrove memiliki nilai strategis penting bagi kehidupan manusia,” kata Hari di lokasi penanaman mangrove.

Alumnus Perikanan Undip ini menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian para alumni atas kondisi lingkungan pesisir khususnya di sepanjang pesisir Kabupaten Tangerang.

Melalui program Pesisir Mengajar, Hari berkomitmen untuk ikut serta mengkampanyekan pentingnya menjaga ekosistem pesisir karena merupakan habitat penting bagi ikan, udang, kepiting, burung air hingga mamalia laut.

“Selama 3 tahun terakhir kami telah merehabilitasi 1,7 km disepanjang pesisir Tangerang. Peran KERAPU ini akan mendorong percepatan rehabilitasi, dan kami melalui Pesisir Mengajar akan mensupportnya,” pungkas Hari.

Tags : Abdul Kadir Karding , Kerapu , Pesisir Mengajar

Berita Terkait