Istighotsah Kubro

Sejuta Umat Islam Penuhi Delta Sidoarjo untuk Doa Bersama

| Minggu, 28/10/2018 05:31 WIB
Sejuta Umat Islam Penuhi Delta Sidoarjo untuk Doa Bersama Kegiatan Istighitsah Kubro tahun 2017 lalu dihadiri oleh ratusan ribu masyarakat di Lapangan Delta Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: Radarbangsacom)

SIDOARJO, RADARBANGSA.COM - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar kegiatan Istighotsah Kubro di Stadion Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu, 28 Oktober 2018 pagi. Kegiatan yang dimulai pukul 06.00 Wib itu juga akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Istighotsah Kubro kali ini juga sekaligus memperingati Hari Santri 2018 dengan mengangkat tema "Dedikasi Santri Untuk Negeri". Selain itu, kegiatan yang dihadiri sejumlah Kiai sepuh NU ini juga mengajak para jamaah untuk berdo`a bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia.

Terkait kehadiran peserta Istighotsah Kubro, para santri, Kiai-kiai dan masyarakat umum dipastikan akan memenuhi lapangan Delta Sidoarjo. Panitia pelaksana memperkirakan akan dihadiri hampir satu juta umat Islam yang datang dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Timur serta dari luar Jatim.

Ketua Panitia Istighosah Kubro PWNU Jatim, KH Reza Ahmad Zahid mengatakan berdasarkan data yang masuk ke panitia Istighotsah Kubro sudah ada sekitar 470 ribu jamaah termasuk warga Sidoarjo. Namun, ia menyebut bahwa jamaah juga banyak yang tidak terkoordinir atau datang sendiri.

"Tapi, menurut pengalaman tahun kemarin rombongan yang tidak terkoordinir atau datang sendiri lebih banyak dari yang terdata. Insyaallah jamaah semuanya mencapai satu juta atau (mungkin) lebih," jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, panitia pelaksana telah berkoordinasi dengan pihak keamanan dan segenap instansi untuk mengamankan jalannya kegiatan. 

Tags : Istighotsah Kubro , Nahdlatul Ulama , Sidoarjo , Jokowi

Berita Terkait