Kadisdik Tanjabtim: Kepala Sekolah Harus Libatkan Stakeholder

| Rabu, 31/10/2018 20:16 WIB
Kadisdik Tanjabtim: Kepala Sekolah Harus Libatkan Stakeholder Sejumlah kepala sekolah dan pengawas serius membahas peran serta masyarakat pada pelatihan manajemen sekolah, Rabu 31/10/18 foto: istimewa.

TANJUNG JABUNG TIMUR, RADARBANGSA.COM - Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam memajukan sekolah. Sebagai pimpinan, kepala sekolah harus mampu melibatkan semua stakeholder dalam membangun keberhasilan sekolah.

Hal itu disampaikan dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur, Junaedi Rahmat saat membuka kegiatan pelatihan manajemen sekolah yang melibatkan kepala sekolah dan pengawas di Rumah Pintar Menderang Tanjung Jabung Timur, Rabu 31 Oktober 2018. 

“Sudah bukan zamannya lagi kepala sekolah memutuskan sendiri, saat ini kepala sekolah harus mampu mengoptimalkan semua stakeholder dalam memajukan sekolah,” kata Junaedi Rahmat.

Diketahui pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta dari unsur kepala sekolah dan pengawas Kecamatan Muara Sabak Barat dan Mendahara Ulu. Peserta ini akan dilatih pembelajaran aktif, budaya baca, manajemen sekolah, peran serta masyarakat, hingga pemantauan sekolah.

"Hadirnya Tanoto Foundation harus dimanfaatkan betul oleh semua kepala sekolah dan pengawas, kita juga ingin model-model pelatihan seperti ini diadopsi oleh Dinas Pendidikan dan disebarluaskan di seluruh sekolah di Tanjabtim, karena untuk saat ini mitranya hanya di Kecamatan Mendahara Ulu dan Muara Sabak Barat” tambahnya.

Untuk mendukung penyebarluasan Program PINTAR, lanjut Junaedi, Dinas Pendidikan sudah menyiapkan anggaran diseminasi, “Pemkab Tanjabtim melalui Dinas Pendidikan akan menganggarkan 635 juta untuk diseminasi program PINTAR, sehingga sekolah-sekolah yang belum mendapatkan program PINTAR akan merasakan manfaatnya” jelas Junaedi.

Sementara Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan manajemen ini untuk mendorong kepala sekolah mampu mengoptimalkan seluruh komponen yang dimiliki sekolah, "untuk menjadi maju, kepala sekolah harus mampu mengoptimalkan seluruh komponen warga sekolah, termasuk orang tua, guru dan masyarakat" ujarnya.

Selain itu, lanjut Medi, faktor dukungan pengawas juga memiliki peran penting, “pengawas menjadi salah satu kunci keberhasilan sekolah, mereka harus aktif memberikan input atas pelaksanaan kegiatan di sekolah, baik pembelajaran, manajemen maupun budaya baca,” tukasnya.

Tags : Kepala Sekolah , Tanoto Foundation ,

Berita Terkait