Menaker Minta Praktisi SDM Antisipasi Transformasi Dunia Ketenagakerjaan

| Rabu, 07/11/2018 18:05 WIB
Menaker Minta Praktisi SDM Antisipasi Transformasi Dunia Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri (Nenteri Ketenagakerjaan RI). (Dok Kemnaker RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menjadi keynote speaker acara Conference Chief of Human Resources Officer (CHRO) yang digelar Perhimpunan Sumberdaya Manusia Indonesia (PMSM Indonesia) di Jakarta, Selasa 6 November 2018.

Dalam kesempatan itu, Menaker Hanif mengatakan, praktisi sumber daya manusia perlu mengantisipasi tiga transformasi dunia ketenagakerjaan.

"Ini merupakan tantangan yang kita harus lalui dan selesaikan. Saya meyakini praktisi HR (human resources) termasuk orang-orang penting, harus terlibat dalam transformasi "ujar Menaker M Hanif Dhakiri.

Hanif menuturkan, di era digitalisasi atau otomatisasi sekarang ini pola-pola hubungan kerja akan berubah, kepemilikan (perusahaan) akan berubah, dan cara pengembangan karir juga akan berbeda dengan masa lalu. Seperti industri baru berbasis e-commerce seperti gojek, grab dan lainnya, hubungan kerjanya sulit untuk diverifikasi.

"Jadi mereka menyebut sebagai partner, mitra, tapi juga rasa-rasa pekerja. Mitra rasa pekerja. Pekerja rasa mitra, jadi ga jelas dan perlu pembahasan lebih lanjut " kata Hanif.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Ketenagakerjaan ,

Berita Terkait